Sander Metz Mencari Keluarganya Melalui Sosial Media

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Sander Metz (34) mencari keluarganya dengan membuat postingan di sosial media.
Sander Metz (34) mencari keluarganya dengan membuat postingan di sosial media.

Beberapa hari ini di sosial media Facebook dan Instagram banyak akun yang membagikan postingan dari seorang pria berusia 34 tahun. Hal yang diposting pria tersebut adalah ia sedang mencari keluarganya yang terpisah dari dirinya sekitar 30an tahun yang lalu.

Pria tersebut mengaku bernama Sander Metz (34) dilahirkan di Ambarawa, Jawa Tengah dengan nama lahir Budi Santoso. Selang beberapa saat setelah ia dilahirkan ia langsung diadopsi dan setahun kemudian dibawa ke Belanda.




Sander dilahirkan pada 20 Maret 1981 di Desa Panjang. Belum ada kejelasan soal siapa keluarga asli Sander. Hanya saja, nama ‘Warni’ tertera di surat kelahirannya sebagai ibu kandungnya.

Kepergiannya ke Belanda terekam lewat dokumen berupa ‘Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk Warga negara Republik Indonesia’ yang dia unggah di akun Facebook. Ada foto dirinya¬†ketika masih bayi di surat itu.

Dokumen Sander ketika akan pindah ke Belanda.
Dokumen Sander ketika akan pindah ke Belanda.

Dalam dokumen tersebut, Sander diciri-cirikan berwajah lonjong, rambut hitam, serta memiliki warna mata cokelat tua. Surat tersebut diterbitkan pada tanggal 25 Juli 1981 untuk ke Belanda.

Dalam penjelasannya di akun sosial media yang ia miliki, ia menjelaskan bahwa usaha kali ini adalah pencariannya yang kedua, yang pertama ia lakukan dengan mendatangi panti asuhan tempat ia dirawat sewaktu kecil. Dia mengatakan bahwa pihak panti asuhan juga sedang melakukan pencarian terhadap keluarganya.




Dalam postingan tersebut Sander memegang poster besar dengan tulisan bahwa ia mencari keluarganya, dan informasi yang ia ketahui hanyalah ia memiliki kakak laki-laki bernama Budi Rahayo dan kemungkinan saat ini berusia 37 tahun. Sander meminta bantuan pada netizen untuk membagikan postingannya ini agar ia lebih mudah mencari keluarganya.

Dia juga sempat memajang foto saat bayi. Ketika itu, pada tahun 1981, dia masih berusia beberapa bulan. Kepalanya gundul, matanya bulat dan memakai baju kuning. Dia bersama seorang pengasuh.

“Who is the nurse? Photo was made in July 1981 in Jakarta at Lokah Kasih. kasih bunda Please RT. Thank you!” tulisnya di laman twitter.

Saat ini postingan Facebooknya telah dibagikan sebanyak 18 ribu kali dan dikomen sebanyak 700 kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.