Mimisan Bisa Berujung Maut!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Mimisan bisa bahaya jika salah pertolongan.
Mimisan bisa bahaya jika salah pertolongan.

Ketika anda mimisan maka darah akan keluar melalui hidung dan sangat tidak disarankan untuk mendongak. Dokter menyatakan bahwa mendongakkan kepala pada saat mimisan akan membuat darah justru mudah mengalir masuk ke dalam saluran pernafasan. Hal ini tentu akan membuat kesulitan saat bernafas.

Apabila telah terjadi benturan lalu terjadi mimisan maka kemungkinan cairan yang mengalir adalah cairan serebrospinal akibat luka pada bagian tengkorak. Jika menyumbat hidung maka akan membuat saluran ini mudah terkena infeksi. Dan jika mendapatkan pertolongan yang salah akan menyebabkan nyawa melayang.




Lalu langkah-langkah apa saja yang bisa kita lakukan saat terjadi mimisan?

1. Kompres dengan air dingin

Jika darah yang keluar dari hidung sedikit maka anda bisa menggunakan kantong es atau handuk yang direndam dalam air dingin untuk mengompres bagian dahi dan leher. Atau bisa juga kumur-kumur menggunakan air dingin. Penggunaan air dingin ini untuk membuat pembuluh daras sedikit mengkerut sehingga darah tidak begitu banyak keluar.

2. Tekan hidung sesuai dengan metode yang dianjurkan

Caranya adalah gunakan jempol dan telunjuk untuk menekan atau memencet hidung selama 10-15 menit. Saat hidung sedang ditekan kepala anda harus dalam posisi sedikit maju dan menunduk, dan anda harus dalam keadaan duduk. Mulut terbuka agar bisa bernafas. Saat ini anda dilarang mengangkat atau mendongakkan kepala. Karena dara yang mengucur akan mudah tertelan, apabila darah yang mengucur banyak maka darah juga bisa langsung mengalir ke paru-paru.

3. Segera bawa ke rumah sakit

Kalau langkah-langkah sebelumnya masih juga belum berhasil dan darah masih mengucur malah semakin banyak, wajah terlihat pucat, keluar keringa dingin, jantung berdetak kencang dan lain sebagainya maka segera bawa ke rumah sakit




4. Cek Makanan

Saat terjadi mimisan maka jangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang panas. Sebaiknya konsumsi makanan yang dingin, mengandung banyak protein, vitamin dan zat besi. Seperti susu, jus buah, bubur dal lain sebagainya. Hindari makanan yang mengandung alkohol, makanan pedas, dan padat atau keras.

5. Jangan sampai dehidrasi

Biasanya mimisan terjadi karena dehidrasi untuk itu sebaiknya seringlah konsumsi air agar tubuh lebih terhidrasi dan mencegah mimisan terjadi.

6. Jangan mengorek hidung

Yang suka ngupil hati-hati, lapisan pelindung di dalam hidung mudah terluka lho… Untuk itu disarankan tidak terlalu sering mengorek hidung.

Ingat! Jangan panik dan mendongakkan kepala ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.