Ini Daftar Pihak yang Berikan Hutang Pada Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Hutang Indonesia mencapai ratusan triliun pada luar negeri.
Hutang Indonesia mencapai ratusan triliun pada luar negeri.

Indonesia saat ini masih memiliki pinjaman dana pada luar negeri. Baik bilateral maupun multilateral terhitung sejak Oktober 2015, hutang tersebut tercatat sebanyak Rp 725,64 triliun, nilai ini ternyata turun dari bulan September lalu yang berjumlah Rp 787,87 triliun.

Jika dilihat secara bilateral maka Jepang, Prancis, dan Jerman merupakan kreditur terbesar bagi Indonesia. Namun jika dilihat secara multilateral Indonesia masih terus meminjam kepada Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia (ADB), dan Bank Pembangunan Islam (IDB).




Berikut adalah jumlah hhutang Indonesia pada negara bilateral dan multilateral, seperti dikutip dari data Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan.

###1. Bank Dunia

Bank Dunia saat ini menjadi pemberi hutang luar negeri terbesar ke pemerintah Indonesia. Jumlah hutang Indonesia ke Bank Dunia per Oktober 2015 mencapai Rp 218,05 triliun. Jumlah ini turun dari bulan sebelumnya Rp 235,27 triliun.

2. Jepang

Negeri Sakura yang pernah menjajah Indonesia selama 3,5 tahun ini sempat menjadi kreditur terbesar bagi Indonesia. Per Oktober 2015, hutang Indonesia pada Jepang  tinggal Rp 218,05 triliun, pada bulan sebelumnya jumlah hutang Indonesia mencapai Rp 235,27 triliun.




3. Bank Pembangunan Asia (ADB)

Hutang dari ADB per Oktober 2015 adalah Rp 108,59 triliun, turun dari bulan sebelumnya Rp 118,02 triliun. Jumlah ini adalah 14,9% dari total hutang luar negeri pemerintah pusat.

4. Prancis

Negeri yang baru mengalami penyerangan Jumat lalu ini juga memberikan pinjaman kepada Indonesia. Saat ini hhutang Indonesia pada negara yang memiliki menara Eiffel ini sebesar Rp 24,62 triliun. Turun dari bulan sebelumnya Rp 27,4 triliun. Jumlah tersebut adalah 3,4% dari total hutang luar negeri pemerintah pusat.

5. Jerman

Hingga Oktober 2015, hutang pemerintah Indonesia ke Jerman mencapai Rp 20,6 triliun, turun dari bulan sebelumnya Rp 22,7 triliun. Ini adalah 2,8% dari total hutang luar negeri pemerintah pusat.

6. Islamic Development Bank (IDB)

Indonesia juga memiliki pinjaman terhadap Bank Pembangunan Islam. Hutang tersebut mencapai Rp 8,47 triliun, turun dari bulan sebelumnya Rp 9,24 triliun. Persentasenya adalah 1,1% dari total hutang luar negeri Indonesia.

Ternyata banyak sekali hhutang negara kita ini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.