Ini Bukan Dongeng, Kastil Ini Nyata Ada di Skotlandia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Kastil Dunnottar dengan padang rumput yang hijau dan berada di pinggir laut.
Kastil Dunnottar dengan padang rumput yang hijau dan berada di pinggir laut.

Pernah dengar kisah-kisah dongeng? Berbagai tempat indah akan selalu diceritakan dalam kisah-kisah dongen anak. Seperti padang bunga yang bermekaran, rumah yang besar dan nyaman, bahkan kastil istana seorang raja dan ratu yang megah di negerinya.

Sebuah kastil megah dengan hamparan padang rumput hijau membentang indah sering digambarkan dalam kisah-kisah dongeng, tapi bangunan yang ini benar adanya. Bukan dongen, Skotlandia memiliki kastil yang megah dan dikelilingi hamparan padang rumput nan hijau.




Kastil yang memiliki julukan Dunnottar ini berada di Skotlandia, dan diketahui sempat menjadi tempat kediaman dari Raja dan Ratu Skotlandia. Seperti William Wallace, tokoh yang difilmkan oleh Mel Gibson dengan judul Braveheart, Mary Queen of Scots, Marquis dari Montrose hingga Raja Charles II diketahui pernah tinggal di sana.

Lorong kastil Dunnottar yang indah.
Lorong kastil Dunnottar yang indah.

Pada abad ke-9, bangsa Viking diketahui sempat menginvasi, menjarah, dan menghancurkan kastil tersebut. Selain itu Kastil Dunnottar juga sempat menjadi basis pertahanan untuk melawan pasukan Cromwell selama 8 bulan untuk mempertahankan Mahkota Skotlandia dan pusaka kerajaan lainnya dari kehancuran.

Selanjutnya kastil ini menjadi tempat kediaman dari Earls Marischal, seorang keluarga paling kaya dan berpengaruh di Skotlandia saat itu. Namun pada 1715, Kastil Dunnottar disita oleh pemerintah karena Earls terakhir menjadi tertuduh  atas keterllibatannya dalam peristiwa kerusuhan.

Ruangan makan kastil Dunnottar.
Ruangan makan kastil Dunnottar.

Semenjak itu, kastil Dunnottar seakan dilupakan keberadaannya. Namuna pada 1825, Viscountess Cowdray berinisiatif untuk melakukan renovasi terhadap kastil tersebut dan akhirnya membuka bangunan cantik tersebut sebagai tempat wisata.




Wisatawan yang berkunjung ke kastil tersebut akan disajikan pemandangan dan interior masa lalu. Anda akan dibawa berfantasi seakan berada di negeri dongeng ketika menyusuri setiap lorongnya.

Dunnottar dibuka untuk umum setiap hari dari pukul 10.00-15.00 waktu setempat. Biaya yang harus dikeluarkan juga tidak terlalu dalam merogoh kocek, cukup dengan 8 Euro atau sekitar Rp 88 ribu untuk dewasa dan 2 Euro atau sekitar Rp 29 ribu untuk anak-anak di bawah usia 16 tahun.

Anda berminat berwisata ke tempat ini? Segera hunting tiket deh!

Leave a Reply

Your email address will not be published.