Kantin Tottori University Sediakan Menu Halal Bagi Pelajar Muslim

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Gedung direktorat Tottori University di Jepang.
Gedung direktorat Tottori University di Jepang.

Dilansir dari Asahi Shimbun, Tottori University turut ikut serta menyajikan menu halal bagi mahasiswa yang berkuliah di tempatnya. Menu halal ini sudah disajikan sejak 9 November lalu. Keputusan pihak universitas disambut baik bagi seluruh pelajar muslim di sana.

Dengan turut sertanya Tottori University menyajikan makanan halal membuat semakin banyak kantin kampus Jepang  yang menyediakan menu halal. Seorang mahasiswa bernama Muhammad Saifful Yaser berbagi rasa bahagianya saat mencoba salah satu menu halal yang disajikan yaitu hidangan kari yang emmakai ayam bersertifikat halal.




Saat kunyahan pertama, saya merasa bahagia. Pada kunyahan kedua, saya menikmati rasanya yang lezat. Dalam beberapa tahun terakhir, makin banyak universitas yang mulai menawarkan menu halal. Karena itu, saya sempat iri dengan pelajar di sana. Kedepannya, saya ingin makan ‘washoku‘ (hidangan Jepang) halal,” ungkap Yaser.

Pihak Tottori University mengungkapkan bahwa beberapa keluhan datang dari beberapa pelajar muslim mengenai menu yang bisa mereka makan yaitu hanya salad. Hal ini membuat pihak kantin membuat diskusi dengan para pelajar muslim dan menyampaikan keluhan tersebut kepada pihak kampus.

Hasilnya, pengelola kantin akhirnya membuat kari khusus untuk pelajar muslim. Untuk menjaga kehalalam masakannya pihak kantin pun memisahkan alat masak untuk menu baru tersebut. Dan lagi, proses masak dilakukan di tempat berbeda agar aroma masakan lainnya tidak menyerap ke dalam kari.

Pelajar Muslim mencoba menu baru di kantin kampus Tottori University.
Pelajar Muslim mencoba menu baru di kantin kampus Tottori University.

Walau jumlahnya sedikit namun mereka menjadi perhatian khusus bagi pihak kampus. Tahun ini terdapat 30 orang pelajar muslim baik dari Sudan dan Mesir. Pada 9 November, 8 dari 30 orang tersebut mencoba kari yang dimasak oleh pihak kantin. Mereka mengakui bahwa menu baru yang hadir di kantin kampus membuat mereka makan dengan tenang.




“Kami dapat belajar mempertimbangkan apa yang harus diberikan (dalam memasak makanan halal). Mulai saat ini, kami ingin membuat menu baru seperti makanan dengan seafood,” ujar Hiroki Kaseno dari pengelola kantin kampus.

Layaknya Tottori University, bisnis setempat juga mulai menawarkan menu halal bagi pelajar muslim. Di area dekat kampus Tottori University, gerai Sunaba Coffee Koyama ikut menyediakan menu halal.

Sementara itu pada waktu bersamaan, kafetaria kampus di Ritsumeikan Asia Pacific University telah menerima sertifikasi halal. Ini menjadi fasilitas makanan bersertifikat halal terbesar di Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.