Ada ‘Surga’ Bagi Penggemar Jengkol di Yogyakarta!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Warung Rojo Jengkol's terletak di Yogyakarta.
Warung Rojo Jengkol’s terletak di Yogyakarta.

Jengkol adalah buah yang termasuk dalam keluarga polong-polongan dengan aroma yang menyengat ternyata memiliki banyak penggemarnya. Bagi penggemar jengkol, jongkol dimasak apapun akan tetap menggugah selera.

 




Walau masih banyak masyarakat yang malu-malu mengakui bahwa mereka penyuka masakan berbahan utama jengkol namun jengkol tetaplah yang paling laris dibeli apabila kita ke pasar-pasar tradisional. Di Yogyakarta sendiri, tepatnya di Jalan Kabupaten Km 2, Dusun Jambon, Desa Trihanggo, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman terdapat sebuah warung makan yang khusus menyajikan masakan berbahan utama jengkol.

 

Adalah Rojo Jengkol’s warung makan yang khusus menyuguhkan menu serba jengkol. Berbagai macam hidangan berbahan utama jengkol ia sajikan di warungnya.

 




“Kami menyediakan rendang jengkol, balado jengkol, gulai jengkol, semur jengkol, dan oseng-oseng jengkol,” ujar Mujiyem (68) pemilik Rojo Jengkol’s. warung ini telah ia buka sejak September silam masihlah bisa dibilang seumur jagung namun pelanggan yang memburu olahan jengkolnya setiap hari cukup banyak.

 

Ide awal membuka tempat makan khusus jengkol dari anaknya yang juga seorang Master Ceremony (MC) terkenal Yogyakarta yakni Hery Kuncung.

 

“Anak saya ingin membuka usaha kuliner yang unik dan berbeda. Maka dipilih lah olahan jengkol, terlebih di Jogja belum ada tempat yang khusus berjualan jengkol,” ujar Mujiyem.

Varian olahan jengkol di warung Rojo Jengkol's.
Varian olahan jengkol di warung Rojo Jengkol’s.

Usaha kuliner ini ia rintis berdasarkan pengalamannya yang cukup lama membuka warung makan dulu. Jengkol memiliki rasa yang cukup enak dan pulen namun kerap dihindari kaerna baunya yang menyengat dan tahan lama. Tetapi Mujiyem meyakinkan bahwa olahan jengkol di warungnya tidak perlu dikhawatirkan sebab telah mengalami pemasakan menggunakan resep-resep penghilang bau.

 

Selain menggunakan resep tertentu jengkol yang hendak diolah haruslah mengalami proses perendaman yang cukup lama sebelum diolah yaitu harus direndam selama lima hari. Perendaman pertama dilakukan selama dua hari, setelah itu dibersihkan kulit arinya. Proses selanjutnya adalah jengkol direbus. Tidak berhenti disana, jengkol kemudian dimemarkan. Langkah selanjutnya adalah jengkol kembali direndam dalam air.

 

“Tidak ada bau jengkol baik setelah makan atau saat buang air kecil ataupun buang air besar karena proses ini. Proses tersebut juga membuat jengkol lebih empuk,” ujarnya.

 

Kebanyakan pengunjung warung jengkol milik Mujiyem memesan jengkol rendang atau jengkol balado, begitupun varian olahan jengkol boleh juga dijadikan satu saat memesan. Warung Rojo Jengkol’s setiap harinya (Minggu libur) buka dari mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Namun seringkaloi, sebelum pukul 16.00, menu jengkol sudah habis.

 

Untuk seporsi nasi dan satu porsi olahan jengkol apa saja harganya dimulai dari Rp 10 ribu. Tidak hanya bisa dinikmati di tempat, Rojo Jengkol’s juga menyediakan delivery service untuk minimal pemesanan lima porsi.

 

Jasa pengiriman ini gratis alias tidak dipungut biaya, tidak hanya di dalam kota Yogyakarta saja namun layanan pengiriman bisa sampai luar kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published.