Sudah Tahu Manfaat Dari Kulit Pisang dan Kulit Jeruk?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Kulit jeruk dan kulit pisang.
Kulit jeruk dan kulit pisang.

Manfaat dari buah-buahan memang sudah tidak diragukan lagi. Berjuta manfaat untuk tubuh kita seperti vitamin yang terkandung, baiknya buah untuk kesehatan mata, pencernaan, melancarkan peredaran darah dan masih banyak manfaat-manfaat lainnya.

Lalu bagaimana dengan kulit buah? Pernahkah anda berpikir bahwa kulit buah juga menyimpan berbagai manfaat untuk tubuh kita?




Seperti manggis yang kulitnya memberikan berjuta manfaat sehingga banyak yang menjadikan ekstrak kulit manggis berupa pil agar mudah dikonsumsi. Seperti kulit manggis, kulit jeruk dan kulit pisang juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh kita. Kulit pisang bisa dijadikan pertolongan pertama saat sakit kepala menyerang bagi orang-orang di negara timur. Sedangkan kulit jeruk dapat mengatasi penyakit insomnia dan meredakan stress. Lalu adakah manfaat lainnya dari kedua kulit tersebut?

1. Meredakan stress

Minyak esensial dalam kulit jeruk memiliki efek menenangkan pada saraf. Mandi dengan air kulit jeruk akan membuat tidur lebih nyaman dan menenangkan. Aromanya juga akan meningkatkan mood dan mencegah insomnia.

2. Mengencerkan dahak

Meredakan batuk tak mesti langsung minum obat. Minum bubuk kulit jeruk juga dapat mengencerkan dahak dan mencegah infeksi saluran pernapasan.

3. Gigi putih

Gosok bagian dalam kulit pisang pada gigi Anda hanya dua menit setiap hari untuk mendapatkan gigi putih dan berkilau. Kulit pisang juga dapat digunakan untuk meredakan gatal setelah digigit serangga.




4. Mengurangi Kolesterol

Penelitian menunjukkan, kulit jeruk dapat melarutkan trigliserida dan kolesterol sehingga membantu fungsi hati bekerja normal.

5. Mencegah kanker usus besar

Kulit jeruk mengandung flavonoid yang dikenal sebagai hesperidina, yang dipercaya efektif melawan kanker usus besar dan osteoporosis.

6. Mengatasi mual

Minum campuran bubuk dari kulit jeruk kering dan melarutkannya dalam segelas air dapat meredakan gangguan pencernaan, mual, sakit perut dan seringnya buang gas. Minuman ini juga meningkatkan nafsu makan.

7. Sakit kepala

Untuk menyembuhkan sakit kepala, tempelkan kulit pisang di dahi Anda dan biarkan selama beberapa waktu.

8. Menghilangkan kutil

Letakkan kulit pisang di area kutil setiap malam selama sekitar satu minggu. Anda juga dapat menggosok lembut kulit pisang pada kutil setiap hari sampai kutil menghilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.