Inggris Rekrut Ribuan Inteligen Demi Hindari Peristiwa Paris Dinegaranya

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




pm-inggris

Serangan terencana di paris beberapa hari yang lalu, mengundang banyak respon dari penduduk dunia. Banyak yang mengkutuk aksi serangan teroris yang ditenggarai




dilakukan oleh kelompok teroris di Suriah (ISIS). Namun banyak juga yang menganggap hal ini merupakan bagian konspirasi dari sekutu untuk melancarkan kembali invansi mereka di timur tengah. Tak terkecuali tetangga terdekat negara prancis yaitu Inggris.

 

Inggris dikabarkan mengambil langkah antisipasi agar yang terjadi di negara tetangganya tidak terulang di negara Ratu Elisabeth tersebut. Mulai minggu ini Inggris mulai melakukan perekrutan besar besaran 1.900 mata-mata dalam rangka mengumpulka informasi lebih cepat apabila ISIS atau organisasi lainnya ingin melakasanakan niat jahat pada negara mereka.

 




Dengan tambahan sumber daya yang akan di rekrut total mata-mata bada inteligen Inggris (British intelligence) atau yang lebih kita kenal dengan sebutan MI6

akan bertambah menjadi 15.000 atau dengan kata lain bertambah sebesar 15%. Ini merupakan tindakan Ekspansi terbesar yang dilakukan oleh badan inteligen tersebut sejak yang mereka lakukan untuk menghadapi serangan terror di london 10 tahun silam, tepatnya pada tahun 2005.

 

Dikutip dari kantor berita CNN, Pemerintah Inggris mengatakan, “Dengan maraknya serangan dari teroris, terutama di Belgia, Prancis, Tunisia dan lain-lain, Perdana Menteri memutuskan untuk menambah sumber daya untuk melawannya”.

 

Untuk mendukun sumber daya yang bertambah besar Perdana Mentri Inggris  David Cameron dikabarkan akan menambah anggaran militer sampai dengan nilia 2 Miliar ponsterling atau sebesar 40 Triliun jika dirupiahkan. Angka ini akan di subsidi tiap tahun sampai dengan 2020 guna mengurangi ancama terorisme di negara tersebut.

 

Tidak hanya di MI6 para mata-mata yang baru di rekrut oleh Inggris ini nantinya akan di distribusikan ke berbagai badan inteligen yang ada di Inggris seperti MI5 dan Pusat Komunikasi Pemerintah Inggris (Government Communication Headquarter) atau yang  dikenal dengan istilah GCHQ.

 

Sebeagai informasi MI5 adalah badan inteligen yang mengurusi bagian internal / dalam negeri Inggris. Sedangkan MI6 lebih mengurusi urusan intelegensi dengan luar negeri arau dalam lingkup internasional dan dikenal juga dengan sebutan  Secret Intelligence Service .  sementara GCHQ lebih di titik beratkan untuk mengurusi bangian penyadapan. Dalam setahun ketiga badan inteligen ini menhabiskan anggaran pemerintahan negara Inggris sebesar 40 Triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.