Cara Aman Belanja Online

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Ilustrasi berbelanja secara online via franchiseherald
Ilustrasi berbelanja secara online via franchiseherald

Berbelanja secara konvensional kini mulai ditinggalkan karena berbagai alasan. Mulai dari kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan untuk meluangkan waktu pergi belanja ke supermarket dan jarak yang jauh dari tempat penjualanan produk.
Tapi kini…ya lagi-lagi kini semuanya telah mudah dilakukan, berbelanja tak lagi harus mendatangi toko, atau berpanas-panas ke pasar atau bahkan tak perlu lagi berputar-putar di rak-rak produk yang luas dan maha tinggi, kadang admin gak sampek kalau mau ambil produk yang terletak di rak paling atas, dan itu ngeselin, Sumpah.

Berbelanja secara online mulai ditawarkan para pelaku bisnis untuk memudahkan konsumen berbelanja. Sangant mudah, hanya dengan membangun rasa percaya antara penjual dan pembeli, dan melakukan pembayaran menggunakan transfer bank maupun COD.




Tetapi dengan kemudahan tersebut terdapat bahaya-bahaya yang mengintai kita sebagai pembeli, berbagai kasus penipuan marak pada pasar ini.

Bagaimanakah tips yang aman untuk konsumen berbelanja secara online?

Jika menggunakan jaringan Wifi sebaiknya pilih akses Wifi pribadi

Karena akan lebih aman dibandingkan dengan menggunakan akses wifi di tempat umum yang memudahkan cracker untuk membobol identitas dan transaksi kita ketika melakukan transaksi online.




Selalu Update Antivirus kamu

Lakukan hal ini dalam periodik tertentu, minimal seminggu sekali, bersihkan browser dari Cookies ketika sedang melakukan transaksi online agar tidak mudah disusup oleh penjahat cyber.

Berbelanjalah di toko yang telah terpercaya

Atau jika kamu belum pernah berbelanja online maka carilah ulasan mengenai too yang akan kita kunjungi untuk mendapat saran yang baik atau ulasan yang baik dari pengunjung lainnya yang pernah ke toko tersebut.

Baca dengan cermat syarat dan ketentuan berbelanja di toko tersebut

Hal ini perlu dilakukan bagi kamu yang ingin berbelanja online, agar kamu tidak mudah ditipu ketika nanti bertransaksi di toko online tersebut.

Pastikan bahwa kamu melakukan transaksi di satu halaman

Kamu kurang mengerti? Baik, jadi begini, jika kamu melakukan pengisian form pembelanjaan dan melakukan transaksi maka pastikan pada satu halaman, karena apabila halaman itu telah diretas maka cracker yang ingin meretas transaksimu akan melakukan pemindahan halaman misalnya dari halaman form tiba-tiba mendapat instruksi untuk pindah ke halaman lainnya.

Terakhir, Cek jumlah saldomu

Setelah kamu melakukan transaksi pembelian secara online lalu kamu akan melakukan pembayaran melalui rekening bank. Tapi tunggu dulu, lihat berapa jumlah saldomu sebelum melakukan transaksi lalu lihat kembali sisa saldomu setelah melakukan transaksi untuk mengatisipasi bahwa akunmu tidak diretas (walaupun hal itu memang sulit)

Leave a Reply

Your email address will not be published.