Keren! 27 Puncak Gunung Didaki Pria Ini Bersama Sepeda Onthelnya

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Ronny Gartono bersama sepeda onthelnya mendaki 27 puncak gunung di Indonesia.




Ronny Gartono bersama sepeda onthelnya mendaki 27 puncak gunung di Indonesia.

Mendaki gunung dan berfoto di puncak gunung dengan menggendong ransel? Jelas keren! Tidak heran saat ini kegiatan alam yang cukup menantang tersebut banyak digemari oleh anak muda sekarang bahkan sudah menjadi gaya hidup. Namun lain dengan Ronny Hartono. Pria, yang sejak sekolah memang anggota pecinta alam ini punya cara tersendiri dalam mengekspresikan hobinya.

 

Aksi gila Ronny ini adalah mendaki gunung dengan mengajak sepeda onthel tua kesayangannya yang dia beri nama Pertiwi Nusantara. Tidak tanggung-tanggung, hingga saat ini Ronny telah berhasil menaklukan 27 gunung di seluruh Indonesia. Di tahun-tahun sebelumnya Ronny juga pernah melakukan dua ekspedisi yaitu berjalan kaki dan bersepeda onthel keliling Indonesia, namun kegiatan tersebut masih kurang menantang baginya.

 




“Onthel saya ini warisan mbah saya, buatan tahun 1946 tapi masih kuat,” ujar Ronny kepada┬ábrilio.net┬ábeberapa waktu lalu.

 

Kegiatan luar biasa Ronny ini dimulai pada tanggal 27 Mei 2012 ketika mendaki Gunung Gede di Jawa Barat. Setelah pendakian pertama berhasil kemudian Ronny melanjutkan untuk menuju gunung-gunung lainnya dengan mengendarai sepeda tuanya tersebut, antara lain Gunung Rinjani di NTB, Gunung Agung di Bali, Gunung Slamet, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Lawu di Jawa Tengah, Gunung Semeru di Jawa Timur dan masih banyak lagi.

 

Ronny mengatakan ekspedisi tersebut berakhir pada 17 Agustus 2014 ketika dia mendaki Gunung Leuser di Aceh yang juga merupakan gunung dengan medan pendakian paling berat dan paling panjang.

 

“Kira-kira dari bawah hingga puncak bisa sampai 50 km, medannya juga paling susah. Tapi ketika sampai puncak puasnya tidak terkira, apalgi saya tepat menyelesaikan misi ini pada hari kemerdekaan Indonesia,” katanya lagi.

 

Ada beberapa cara yang dilakukan Ronny untuk membawa sepedanya menuju puncak gunung. Jika medan masih landai maka sepeda akan dinaikinya, ketika medan mulai menanjak sepeda dia tuntun, dan jika sudah tidak memungkinkan dituntun maka onthel kesayangannya tersebut akan dia panggul.

 

Ronny mengaku selama ekspedisinya tersebut dia hanya menghabiskan 5 buah ban dari 12 ban yang dia bawa, karena telah memilih ban dari kualitas yang paling bagus. Ronny bersyukur karena setiap pendakian dia tidak sendiri namun ditemani oleh Mapala dari universitas di kota yang dia kunjungi.

 

“Walau ketika sampai di puncak yang jadi primadona justru onthel saya, mereka berebutan foto dengan onthel saya daripada saya sendiri,” kelakarnya sambil terbahak.

 

Ronny juga mengatakan bahwa ekspedisinya ini terinspirasi oleh Sabar Gorky, seorang pendaki difabel yang mampu menaklukkan banyak puncak gunung. Hal ini juga merupakan bentuk kecintaan Ronny terhadap Indonesia. Total 27 gunung telah dia daki bersama onthelnya, dengan 17 gunung yang masuk dalam rangkaian ekspedisinya. Serta 10 gunung lagi dia daki saat waktu senggang.

 

“Saya ingin menunjukkan kepada anak-anak muda bahwa Indonesia itu indah dan kita wajib bangga akan segala keindahan alamnya. Untuk target selanjutnya saya ingin menancapkan bendera merah putih di puncak Kilimanjaro di Afrika,” tutup pria asli Kendal tersebut.

 

Source : Brilio

Leave a Reply

Your email address will not be published.