Penting! Ini Tips Cara Membeli Smartphone

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Memilih Smartphone memang harus teliti, jadi perhatikan tips-tips berikut ini.
Memilih Smartphone memang harus teliti, jadi perhatikan tips-tips berikut ini.

Smartphone saat ini menjadi alat komunikasi yang paling popouler. Setiap kalangan membutuhkan alat cerdas ini untuk membantu memudahkan berbagai macam aktivitas dan tujuan tertentu lainnya. Seiring dengan melonjaknya kebutuhan masyarakat terhadap smartphone, kini kita dapat menemui berbagai macam merek dan tipe smartphone dengan tawaran spesifikasi dan harga yang variatif. Memang ada orang yang begitu membeli smartphone langsung merasa puas, namun tak jarang pula yang merasa kecewa karena smartphone tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan. Bisa jadi dari pihak produsen atau penjual membuat trik dengan menonjolkan salah satu keunggulan dibalik bermacam kekurangan atau konsumen yang kurang teliti memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.

Ini adalah hal utama yang perlu diperhatikan dalam memilih smartphone agar Kamu tidak merasa kecewa dan menyesal nantinya.




1. Selaraskan Kebutuhanmu

Selain sebagai alat komunikasi dan hiburan, bagi sebagian orang smartphone juga ditujukan untuk membantu menyelesaikan tugas atau kerjaan. Ada yang lebih memfungsikan alat ini untuk foto-foto dan lain sebagainya sehingga membutuhkan smartphone dengan performance yang baik. Namun ada juga yang butuh smartphone dengan performance yang biasa-biasa saja. Untuk itu cocokkan terlebih dahulu kebutuhan Kamu seperti apa agar fungsi smartphone tersebut lebih tepat bagimu.

2. Service Center Resmi

Pastikan bahwa produsen smartphone yang Kamu pilih memiliki service center terdekat di daerahmu. Salah satu hal yang dikhawatirkan oleh pemilik smartphone nantinya adalah jika terjadi kerusakan smartphone baik hardware maupun softwarenya. Dengan adanya service center resmi dari produsen, maka ada tempat ideal untuk memperbaiki kerusakan yang mungkin terjadi dibandingkan service abal-abal. Saat ini sudah banyak produsen smartphone impor maupun lokal yang memiliki service center resmi, hanya saja memang tidak di semua daerah.

3. Frekuensi Jaringan & Data Service

Sebuah smartphone dengan Frekuensi Jaringan yang luas dan Data Service yang lebih lengkap tentu menjadi syarat utama fungsi smartphone sebagai alat komunikasi. Misalnya, meskipun jaringan 3G memiliki keunggulan dibanding 2G, apalagi saat ini mulai berkembang 4G, tetapi jaringan 2G masih sangat diperlukan. Karena untuk di kota-kota besar saja jaringan 3G belum full menyebar luas ke seluruh penjuru kota, oleh sebab itulah smartphone dengan opsi jaringan 2G, termasuk GPRS dan EDGE, masih sangat diperlukan, apalagi untuk daerah yang agak ke pelosok. Jadi, pemilihan smarphone dengan spesifikasi Frekuensi Jaringan dan Data Service yang komplit sangatlah penting agar sinyal jaringan smartphone Kamu tidak sering hilang di tempat-tempat tertnetu.

4. Processor dan Storage ( RAM & ROM )

Tidak bisa dipungkiri, yang membedakan nilai sebuah smartphone umumnya baik dari segi fungsi maupun harga adalah performa Processor dan kapasitas RAM (random access memory) dan ROM (read only memory). Processor yang dapat bekerja dengan baik, kecepatan yang unggul, tentu akan lebih disukai. Hal ini dilengkapi juga dengan dukungan RAM yang dapat membantu menjalankan aplikasi dengan lancar dan minim gangguan. Sementara itu ROM akan terasa vital ketika kita mulai kekurangan ruang untuk penyimpanan berbagai macam aplikasi dan lainnya, meskipun ada kemungkinan tambahan memori eksternal. Jadi, Kamu dituntut untuk lebih mengetahui informasi mengenai seperti apa Processor dan storage yang ideal.




5. Harga

Harga merupakan hal terakhir yang perlu Kamu perhatikan dibandingkan empat hal di atas, meskipun sepertinya bukan hal utama, tetapi tetap saja penting. Karena kalau kita jeli memperhatikan produk-produk smartphone yang saat ini berkeliaran di pasar, kita akan mendapati harga yang berbeda untuk smartphone dengan spesifikasi yang sama. Faktor yang paling membedakan harga sebuah smartphone dengan smartphone lainnya adalah merek, meskipun memiliki spesifikasi yang hampir mirip. Faktor lainnya bisa jadi service center, device yang mendukung, bonus-bonus, kerja sama dengan pihak-pihak tertentu dan faktor-faktor lain yang berkaitan dengan nilai dagangnya. Contohnya yang terjadi saat ini adalah harga smartphone dengan merek yang lagi booming, jauh di atas merek yang biasa saja, padahal performance dan spesifikasi mereka hampir mirip. Perlu diingat juga, terkadang harga bisa menunjukkan kualitas, dan kelas.

Itulah hal penting yang perlu diperhatikan. Mungkin masih banyak detail-detail lain dan tips yang perlu diperhatikan dalam memilih smartphone. Yang jelas semakin teliti dan tepat dalam memilih, maka semakin puas nantinya ketika smartphone itu ada dalam genggamanmu.

One Response to "Penting! Ini Tips Cara Membeli Smartphone"

  1. Tempat Belanjo Wong Kito   12 November 2015 at 20:46

    Makasih tipsnya tim JB. Sangat membantu orang yang sedang mencari smartphone baru.

    Balas

Leave a Reply

Your email address will not be published.