Suka Minum Kopi Buatan Negeri? Kamu Akan Rasakan Kebaikan Ini

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Kopi racikan sendiri, mau yang ada ampas ataupun sudah disaring, sama nikmatnya.
Kopi racikan sendiri, mau yang ada ampas ataupun sudah disaring, sama nikmatnya.

Bagi kamu yang suka minum kopi dari biji-biji kopi yang di tanam di negeri sendiri dan bukannya hasil impor dari manca negara maka kamu akan menemukan beberapa kebaikan dari setiap seruputan kopi hitam pahit racikan sendiri.

 




Perlu kamu ketahui, kopi asal Indonesia adalah varietas yang memiliki kualitas unggul di mata dunia. Nilai jual yang sangat tinggi menjadikan kopi sebagai salah satu ‘pahlawan’ devisa bagi Indonesia. Betapa berharga biji kopi dari negeri kita di mata global.

 

Orang luar sering menyebut secangkir kopi dengan ‘a cup of java’, istilah yang digunakan untuk menyebutkan secangkir kopi dari biji-biji kopi Indonesia. Java adalah sebutan yang digunakan oleh bangsa Eropa untuk pulau Jawa di Indonesia.

 




Sejak abad 17, kopi sudah menjadi salah satu produk ekspor yang menjadi andalan bagi Indonesia. Mayoritas kopi yang dikonsumsi oleh warga dunia adalah kopi dari Indonesia sehingga Eropa mengasosiasikan kata kopi dengan ‘Java’, kamu pernah denger? Sedikit terdengar asing di telinga warga Indonesia memang.

 

Dan entah memang sistem di negara kita bagaimana, mimin juga kurang paham namun produk-produk yang diekspor ke luar negeri lebih diutamakan segi kualitas dan pemasarannya sedangkan di dalam negeri terlihat seperti dinomorduakan. Hal ini terlihat dari apresiasi orang Indonesia terhadap kopi yang menjadi primadona global.

 

Maka jika kamu mulai mencoba untuk menyeruput kopi hitam dari negerimu kamu akan merasakan kebaikan-kebaikan seperti di bawah ini.

 

Kenapa Memilih kopi instan jika kopi dari negeri sendiri saja banyak jenisnya yang tak akan habis kamu coba satu persatu.

Walau Indonesia menjadi negara terbesar ketiga dalam skala produksi kopi, namun untuk skala keberagaman varietas kita adalah nomor satu. Hal ini dipengaruhi oleh relief geografis Indonesia yang berbeda-beda. Ada 5 jenis kopi yang menjadi unggulan di dunia dan kelimanya dari Indonesia, boleh tepuk tangannya?

 

Lima kopi unggulan itu antara lain…

  1. Kopi Aceh Gayo, yang ditandai dengan aroma herbal dan rasanya yang kuat, jika kamu belum terbiasa akan tercium aroma tanah dan rasa asam yang menyertai, tapi disertai rasa-rasa itu ketika diminum terasa lembut di mulut.
  2. Kopi Sumatera Mandailing identik dengan sensasi rasa buah-buahan, pedas merica, dan terdapat sedikit rasa cokelat dan tingkat keasaman yang ringan.
  3. Kopi Toraja Kalosi memiliki aroma herbal, sensasi rasa cokelat, karamel dan tingkat keasaman serta kepekatan yang sedang.
  4. Kopi Kintamani Bali memiliki rasa unik dari sentuhan jeruk alami dengan keasaman yang ringan.
  5. Kopi Papua Wamena memiliki sensasi rasa buah-buahan dengan tingkat kepekatan yang sedang dan pahit yang ringan.

Sedangkan kopi instan diproduksi secara massal, tanpa proses pemilihan yang intensif lalu kopi murni yang dicampurkan juga hanya 1-3% di tiap kemasan. Sensasi rasa buah-buahan ataupun sensasi rasa cokelat atau tanah yang dihasilkan kopi-kopi dari Indonesia tidak akan kamu temukan dari kopi instan.

 

Seduh kopimu sendiri agar kamu dapat merasakan nikmatnya minum kopi

Sekali-sekali cobalah minum kopi tubruk yang memiliki ampas. Ampas juga banyak macamnya, ada yang halus dan ada yang kasar, apabila tempat kamu minum kopi adalah kafe yang menyediakan kertas saring juga boleh menjadi alternatif ketika sensasi ampas tidak ingin menyentuh mulutmu. Jangan hanya orang bule saja yang bisa menikmati enaknya kopi kualitas dunia dari Indonesia, kita sebagai warga asli juga patutnya mengapresiasi nikmatnya minum kopi. Hidup kopi Indonesia!!

 

Rasakan manfaat baik dari secangkir kopi murni yang kamu seduh sendiri tadi

Secangkir kopi murni memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi dengan kadar tertentu dan secara teratur. Kopi dikenal memiliki efek antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang baik tersebut terdapat di dalam elemen Clorogenic Acids atau CGAs yang diyakini ampuh menurunkan resiko diabetes tipe II. Seorang peminum kopi memiliki kecenderungan lebih rendah untuk terserang penyakit ini sekitar 23-50%. Sedangkan kopi instan yang dicampur dengan bahan tambahan dan dalam komposisi yang berlebihan akan memperlemah CGAs tersebut sekitar 23-29%.

 

Sedangkan penggunaan krimer dan gula juga dapat memberikan dampak yang buruk seperti menimbunnya lemah jenuh di dalam tubuh yang memicu penyakit diabetes tipe II semakin mudah menyerang.

 

Dengan mengurangi konsumsi kopi instan dan mulai memilih kopi Indonesia sebagai teman nongkrong adalah salah satu kamu menghargai kekayaan bangsa

Kamu tahu, kopi luwak disebut-sebut sebagai kopi termahal di dunia. Kamu pasti belum pernah mendengarnya, mengenal negerimu sendiri adalah hal yang patutnya kamu ketahui terlebih dahulu. Jangan-jangan kamu tidak tahu kalau kopi Indonesia menjadi favorit dunia, setelah Oprah Winfrey dan Jack Nicholson mempromosikannya di Hollywood barulah kamu sibuk mencarinya di Google.

Apresiasilah produk dalam negeri, dimulai dari kita sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.