Terbangkan 1,5 juta Balon ke Udara, Ini Efeknya Bagi Lingkungan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Balon yang diterbangkan oleh perusahaan United Way of Cleveland.
Balon yang diterbangkan oleh perusahaan United Way of Cleveland.

Ada sebuah kejadian luar biasa yang terjadi di Ohio, Amerika serikat pada tahun 1989. Sebuah perusahaan non-profit, United Way of Cleveland membuat sebuah acara perayaan dalam bentuk menerbangkan lebih dari satu juta balon ke angkasa.

 




Kegiatan ini juga sekaligus demi masuk ke dalam catatan Guiness World Record dengan menerbangkan lebih dari satu juta balon ke angkasa. Panitia kegiatan menyiapkan berbagai macam warna  balon di sebuah lapangan terbuka. Untuk menyiapkan 2 juta balon untuk diterbangkan, panitia membutuhkan relawan sebanyak 2.500 orang relawan dan menghabiskan beberapa jam untuk melakukan persiapan.

 

Walau rencana kegitan ini telah dirancang jauh sebelum hari pelaksanaan, namun akhirnya panitia mengubah keputusan yaitu balon yang diterbangkan hanya berjumlah 1,5 juta balon saja yang awalnya sebanyak 2 juta balon. Keputusan ini diambil atas pertimbangan cuaca yang mungkin saja berubah hingga tidak memungkinkan menyiapkan sebanyak 2 juta balon.

 




Tepat pada tanggal 27 september 1989, panitia membuka jaring penahan 1,5 juta balon tersebut yang serta merta membuat balon-balon yang terdiri dari berbagai warna cerah langsung melesat ke langit.

 

Balon-balon yang mengangkasa membuat pemandangan yang cantik dan menarik, dan balon-balon ini terlihat seperti kembang api dan luar biasa indah.

Balon yang mengangkasa karena telah dilepas penahannya.
Balon yang mengangkasa karena telah dilepas penahannya.

Namun, setelah beberapa  menit masalah yang tidak diinginkan langsung timbul. Saat itu cuaca begitu dingin karena memasuki musim dingin yang membuat balon-balon tidak bisa terbang tinggi sampai ke angkasa dan akhirnya langsung jatuh ke tanah dan memenuhi jalan-jalan dan perumahan penduduk.

 

Masalah ini membuat bandara ditutup selama setengah jam hanya untuk membersihkan landasan pacu dari balon-balon tersebut. Tak hanya bandara, pacuan kuda juga termasuk dalam imbasnya. Balon-balon memenuhi permukaan jalur pacuan sehingga tak sedikit kuda yang terluka karena terjatuh akibat dari balon-balon tersebut.

Balon mengotori air danau.
Balon mengotori air danau.

Keindahan yang hanya sesaat itu ternyata menimbulkan masalah hingga berminggu-minggu. Balon-balon yang masih mengangkasa jatuh ke permukaan wilayah lain yang termasuk di dalamnya terdapat danau yang seharusnya indah dipandang, namun karena balon-balon yang berjumlah banyak itu jatuh ke atas permukaannya, danau ini tak lagi indah dan terkotori limbah balon.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.