Edukasi Pasar Modal di Univ. Nomensen

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Yoseph Kaburuan

Medan, Jelasberita.com | Edukasi di pasar modal yang dilakukan oleh PT Bursa Efek Indonesia pada hari Kamis 29 Oktober 2015 dilaksanakan di aula Universitas HKBP Nommensen kegiatan tersebut disambut baik oleh mahasiswa di mana mahasiswa sangat antusias mengikuti jalannya edukasi pasar modal yang diselenggarakan oleh PT Bursa Efek Indonesia bekerjasama dengan BNI sekuritas yang ada di Kota Medan







Acara pertama-tama dibuka oleh bapak Dr Budiman selaku wakil dekan 1 dan juga kata sambutan oleh ketua jurusan hukum bisnis yaitu ibu Roida serta dipandu oleh MC yang juga merupakan dosen dari hukum bisnis

Acara yang semula di targetkan untuk peserta sebanyak 100 orang, namun karena minat mahasiswa dan masyarakat kota Medan tentang pasar modal sangat tinggi sekali, sehingga acara tersebut diikuti oleh hampir 170 peserta hingga ruangan yang tadinya di siapkan untuk 100 orang bertambah menjadi 70 orang sehingga total 170 peserta.

Edukasi pasar modal yang membawa tema : “Cerdas Investasi ku, Cerah Masa Depanku” disampaikan oleh Bapak Yoseph Kaburuan selaku Executive Trainer dari Bursa Efek Indonesia dan topik kedua yaitu : “Mekanisme Transaksi Saham” yang dibawakan oleh Bapak Hendra dari BNI sekuritas.

Bpk. Yoseph memaparkan bahwa investasi di pasar modal tidak memerlukan modal besar dan juga investasi di pasar modal bukan seperti yang selama ini menjadi pandangan publik kalau membeli saham di pasar modal melalui Bursa Efek Indonesia itu membutuhkan modal yang besar




Harga saham di pasar modal bervariasi mulai dari yang paling rendah yaitu 50  rupiah hingga ratusan ribu rupiah per lembar saham.

Aturan main di pasar modal yang berlaku saat ini adalah Jika kita ingin membeli saham minimal adalah satu lot atau 100 lembar saham, ungkap Bpk. Yoseph.

Berinvestasi di saham juga memiliki resiko sama seperti investasi di banyak instrumen lainnya yang ada di pasar salah satu Resiko yang ada di pasar modal adalah Jika kita salah membeli saham dan saham yang kita beli tersebut harganya bukannya naik tetapi malah turun, sehingga nilai investasi kita menjadi berkurang.

Saran yang di sampaikan oleh Bpk. Yoseph yaitu sebelum kita investasi saham atau membeli saham melalui perusahaan sekuritas perlu untuk kita cari tahu tentang perusahaan yang mau kita beli sahamnya karena dengan mencari tahu terlebih dahulu perusahaan yang mau kita beli sahamnya, itu artinya kita meminimalkan resiko terhadap nilai investasi kita. Sehingga kita terhindar dari resiko jika perusahaan tersebut terkena likuidasi atau bangkrut.

Bapak Hendra dari BNI sekuritas juga memaparkan tips Bagaimana cara kita memilih perusahaan yang sehat yaitu melalui analisa fundamental dan analisa teknikal sehingga kita dapat mengetahui Perusahaan mana yang bagus untuk kita investasikan secara jangka panjang dan menguntungkan.

Selama acara edukasi pasar modal yang berlangsung di aula universitas HKBP Nommensen sangat banyak sekali mahasiswa yang mengajukan pertanyaan salah satunya adalah bagaimana cara membuka rekening di pasar modal. Menurut Bpk. Hrndra dari BNI Sekuritas, caranya sangat sederhana sekali yaitu kita tinggal datang ke perusahaan sekuritas dan kemudian mengisi form pembukaan rekening, bawa fotocopy KTP, fotocopy NPWP dan juga fotocopy rekening buku tabungan.
Setelah semua persyaratan dilengkapi kemudian proses pembuatan rekening Itu adalah antara satu minggu hingga dua minggu dan setelah rekening kita jadi kemudian kita sebagai nasabah dapat melakukan transfer dana ke rekening tersebut Lalu kita dapat membeli saham yang kita inginkan melalui broker atau bisa juga melalui sistem online trading.

Universitas HKBP Nommensen berencana untuk membuka galeri investasi pasar modal di fakultas hukum bisnis rencana tersebut disampaikan oleh ketua jurusan program studi hukum bisnis yaitu berbeda yang nantinya bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia serta sekuritas yang berminat untuk bekerjasama dalam pembukaan gallery saham

Adapun tujuan dari pembukaan galeri tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman serta edukasi kepada mahasiswa Nommensen baik jurusan hukum bisnis dan juga mahasiswa dari jurusan lainnya dapat bergabung dan belajar tentang investasi di pasar modal

Saat ini galeri investasi hanya terdapat di Universitas Sumatera Utara dan juga STIE mikroskil dengan adanya rencana pembukaan galeri oleh Universitas Nommensen maka semakin besar jumlah masyarakat khususnya mahasiswa yang beredukasi tentang produk-produk yang ada di pasar modal karena fungsi dari galeri tersebut hampir sama dengan perusahaan sekuritas yaitu Mahasiswa dapat melakukan transaksi jual beli saham melalui galeri yang disediakan oleh universitas. (ysp)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.