Aplikasi GoBusway Telah Diluncurkan Oleh Go-Jek ke versi 1.0.62.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




004-gobusway

Jakarta, Jelasberita.com | Aplikasi GoBusway hari ini akan diluncurkan. Ini merupakan layanan anyar yang muncul di aplikasi Go-Jek. Aplikasi hasil kerja sama antara PT Transportasi Jakarta dengan Go-Jek akan memudahkan pengguna Go-Jek untuk mengetahui jam prakiraan kedatangan bus TransJ. Ikon untuk layanan ini bisa ditemukan di menu utama aplikasi, berdekatan dengan Go-Box dan Go-Mart yang juga terhitung baru.




Dirut PT TransJ ANS Kosasih menjelaskan bahwa Transjakarta yang ada di dalam aplikasi GoJek dengan nama GoBusway, bertujuan agar pengguna aplikasi dapat melihat prakiraan kedatangan suatu bus tertentu yang dikelola Transjakarta di halte Transjakarta. Aplikasi ini berbasis GoogleMaps. Selasa (27/10/2015) malam.

Go-Busway dapat juga digunakan sebagai layanan transportasi ojek untuk mengantar pengguna ke selter bus transjakarta yang diinginkan. Cara memesan ojek melalui fitur Go-Busway ini yaitu pengguna diminta untuk langsung melakukan pencarian nama selter melalui kotak search. Sebuah daftar lengkap berisi semua selter bus transjakarta dan lokasinya akan ditampilkan untuk membantu pengguna. Jadwal keberangkatan bus TransJakarta di dalam layanan Go-Busway, Alternatifnya, pengguna bisa langsung memilih selter lewat ikon berwarna biru yang muncul di peta. Go-Busway turut menampilkan ikon berwarna hijau muda yang berseliweran di jalanan dalam peta. Ikon hijau ini agaknya mewakili posisi dari masing-masing bus transjakarta yang dilengkapi GPS. Prosesnya setelah itu sama seperti Go-Ride (pemesanan ojek biasa).

Waktu ketersediaan layanan ini yang muncul pada bulan Oktober pun sesuai dengan jadwal yang ditetapkan sebelumnya. Pada Juni lalu memang sudah dicanangkan bahwa bus-bus transjakarta akan dilengkapi GPS untuk menunjang operasional layanan Go-Busway.

Sebelum bisa menggunakan layanan Go-Busway, pengguna mesti memperbarui aplikasi Go-Jek ke versi 1.0.62. Belum diketahui kapan layanan Go-Busway akan menyusul hadir di aplikasi Go-Jek versi iOS. Selain Go-Busway aplikasi Go-Jek yang dibentuk oleh Nadiem Makarim ini juga menyediakan Go-Mart, layanan pembelian barang; Go-Clean, layanan bersih-bersih rumah; dan Go-Massage, layanan pemanggil jasa pijat.




Selain GoBusway, PT TransJ juga bekerja sama dengan Telkom dalam pembuatan On Board Unit yang membuat semua bus TransJ bisa dipantau dari Operation Command Center (OCC) Transjakarta.

Selain itu PT TransJ juga bekerja sama dengan QLUE dalam pembuatan aplikasi QLUE Transit (QLUE Street). Dari aplikasi ini dengan metode Crowd-Sourcing para penumpang dapat memberi masukan posisi bus Transjakarta pada suatu waktu, apakah bus tersebut penuh sesak atau tidak dan apakah halte yang akan didatangi lega atau penuh sesak. Aplikasi ini berbasis GoogleMaps dan WAZE. (Alex).

Leave a Reply

Your email address will not be published.