JURUSAN BAHASA INDONESIA FBS UNIMED GELAR BULAN BAHASA

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




FBS UNIMED

             Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed yang tergabung dalam Himpinan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia mengelar Semarak Bulan Bahasa yang bertemakan “Menggali Kreativitas dan Intelektualitas Tunas Bangsa untuk Meningkatkan Eksistensi Kearifan Budaya Indonesia”. kegiatan ini akan berlangsung pada 27 – 29 Oktober 2015 di Pelataran FBS Unimed. Hadir dalam pembukaan Semarak Bulan Bahasa adalah Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K. M.Pd, Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S, Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M. Sc. Ph.D, Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum, Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Drs. Syamsul Arif, M.Pd, semua fungsionaris dilingkungan Unimed, serta dimeriahkan ribuan mahasiswa dan peserta lomba.




Pagelaran Semarak Bulan Bahasa ini di meriahkan dengan penampilan Pakaian Adat dari seluruh daerah dari Aceh hingga Papua. Selain itu juga diramaikan dengan berbagai perlombaan dengan mengundang puluhan sekolah SMA/SMK sederajat di Sumatera Utara dan mahasiswa umum. Adapun berbagai lomba yang dilaksanakan adalah a) Debat Bahasa untuk tingkat mahasisa, b) Visualisasi Puisi untuk tingkat mahasiswa, c) Kabaret untuk tingkat mahasiswa, d) Cipta Puisi untuk umum, e) Esai untuk umum, f) Musikalisasi Puisi untuk tingkat SMA, g) Baca Puisi untuk tingkat SMA, h) Cipta Cerpen untuk tingkat SMA. Semua perlombaan akan memperebutkan berbagai hadiah trofi, sertifikat dan bingkisan dari panitia.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam arahannya menyampaikan terima kasih kepada para dosen dan mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia yang telah menggelar acara meriah ini yakni Semarak Bulan Bahasa. Saya berharap kegiatan ini akan menjadi pendorong bagi para mahasiswa untuk terus memupuk semangat untuk berkreativitas dalam menghasilkan karya-karya inovatif dalam bidang bahasa dan seni. Dengan menampilkan semua pakaian adat dari seluruh Indonesia ini, kita berharap seluruh mahasiswa jurusan bahasa Indonesia dan mahasiswa Unimed secara umum dapat lebih mencintai budaya bangsa sendiri dan dapat mempertahankan kekayaan budaya kita untuk kita kembangkan dalam berbagai kreativitas terbarukan.

Lanjut Prof. Syawal Gultom, saya berkeinginan kegiatan seperti ini dapat terus kita budayakan di kampus hijau yang kita cintai ini, karena kegiatan seperti ini sesungguhnya menjadi bentuk kuliah nyata sebagai hasil dari kajian teori di perkuliahan. Saya berharap kepada Dekan FBS dan Ketua Jurusan Bahasa Indonesia untuk terus mendorong para mahasiswa dan dosen dalam menghasilkan produk-produk yang dapat mengangkat prestasi Unimed kepublik. Pandangan saya di Sumatera Utara belakangan ini kurang lahir sastrawan-sastrawan yang unggul dan aktif menghasilkan karya-karya fenomenal yang karyanya diakui secara nasional dan internasional.

Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum, dalam sambutanya juga sangat mengapresiasi kegiatan meriah ini. Saya sependapat dengan bapak Rektor Unimed yang mengharapkan agar mahasiswa Unimed harus terus berkarya sesuai bidang ilmu yang mereka geluti. Jika dosen dan mahasiswa Unimed terus melakukan berbagai kegiatan positif seperti ini, saya yakin akan lahir banyak mahasiswa kita yang dapat berinovasi dalam menghasilkan karya yang dapat kita banggakan. Prestasi dengan sendirinya akan kita raih, apabila kreativitas terus digali, digali gan digali. Semoga FBS Jaya terus dan Unimed maju dan berprestasi. (Humas Unimed).




Leave a Reply

Your email address will not be published.