PILKADA SERENTAK KPU SUMUT GELAR RAPIM PENGUATAN KELEMBAGAAN DI TAPTENG

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




 

pilkada




Tapteng, Jelasberita.com | Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara menggelar rapat pimpinan KPUD se- Sumatera Utara di Tapteng. Rangakaian kegiatan meliputi materi konsolidasi organisasi, penguatan kelembagaan dan evaluasi pelaksanaan Pemilihan Kepala daerah serentak 9 Desember mendatang, Sabtu (24/10) .

Sekretaris KPU Sumatera Utara, Abdul Rajab dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Rapat Pimpinan yang dilaksanakan KPU RI di Bangka Belitung beberapa waktu yang lalu, dan kegiatan ini perlu ditindak lanjuti di Provinsi Sumatera Utara agar penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui progres persiapan Pilkada yang dilaksanakan di 23 Kabupaten/ Kota di Sumatera Utara meliputi, rekapitulasi daftar pemilih, Pendaftaran Calon, penetapan calon, kampanye serta persiapan logistik pilkada yang dalam waktu dekat akan segera dilakukan dalam menghadapapi tahapan pemungutan suara awal Desember mendatang” ujarnya.

Provinsi Sumatera Utara salah satu provinsi yang paling banyak melaksanakan Pemilihan Kepala daerah pemilihan Walikota dan Wakil Walikota/ Bupati dan wakil bupati sebanyak 23 Kabupaten,/kota.  Oleh karena itu diperlukan persiapan sejak dini agar pelaksanaan Pilkada di Sumut dapat berlangsung dengan baik.




Dalam sambutannya Ketua KPU Sumatera Utara, Mulia Banuarea menyampaikan kepada peserta Rapim agar secara kelembagaaan penyelenggara Pemilu yang ada di daerah, ketua kpu dan anggota, demikian juga sekretariat agar benar-benar melaksanakan tugasnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan harus taat azas pemilihan.

“Hasil dari proses ini, harapan kita semua, akan  menghasilkan Pilkada yang berintegritas dan berkualitas serta tingkat partisipasi pemilih meningkat. Untuk tingkat nasional target partisipasi sebesar 77,5 persen maka harapan kita secara kuantitas pemilih dapat meningkat”  tegasnya..

Turut hadir dalam pertemuan ini komisioner KPU Provinsi, Nazir Salim Manik, selaku kordinator divisi Logistik dan Sumber daya Manusia, Yulhasni, kordinator Sosialisasi dan data, Hj. Evi Novida Ginting, selaku kordinator Divisi Hukum dan Pengawasan dan juga para kabag dan pegawai di lingkungan KPU Provinsi Sumatera Utara serta lima orang komisioner KPU Kota Sibolga hadir dalam pertemuan ini.

Ketua KPU Tapanuli Tengah, Halomoan Lumbantobing, selaku tuan rumah menyampaikan banyak terima kasih kepada KPU Provinsi yang telah memberikan kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rapat pimpinan ini, semoga dengan kegiatan ini, para peserta dapat menindaklanjuti hasil kegiatan ini dan dapat melihat langsung keindahan bumi Tapanuli Tengah, dan meninggalkan kenangan yang indah selama berada di Tapteng ini. (Dewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.