Antusiasi Masyarakat Belajar Pasar Modal Meningkat

Medan, Jelasberita.com | Minat masyarakat untuk mengenal pasar modal terus meningkat. Hal ini terbukti dari jumlah peserta yang mengikuti sekolah pasar modal (SPM) 246 orang untuk 9 gelombang. Tahun ini, Kantor Perwakilan (KP) Bursa Efek Indonesia (BEI) menyediakan 10 gelombang untuk level I dan 2 gelombang untuk level II. Angka tersebut lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.
“Untuk level 1 Gelombang 10 yang akan kami laksanakan besok, sudah ada 35 orang, sedangkan level 2 gelombang 2 pada 7 November sudah ada 37 orang. Antusias masyrakat mengikuti Sekolah Pasar Modal tahun ini cukup menggembirakan, terutama di gelombang-gelombang terakhir ini, karena sangkin banyaknya peminat peserta yang mengikuti, kami tidak dapat menampung semua peserta yang mendaftar dikarenakan keterbatasan tempat dan demi kenyamanan para peserta juga,” ujar Kepala Kantor BEI, Muhammad Pintor Nasution, Jumat (23/10).
Ia menambahkan, jumlah investor Sumatera Utara per 30 September mencapai 20.926 orang. Data jumlah investor per 31 Desember 2014 hanya 19.664 orang. Di trimester pertama, target jumlah investor sudah mencapai 50 persen dari target yang direncanakan. Akan tetapi, di  trimester kedua akibat keadaan ekonomi yang memburuk banyak investor yang menutup account sehingga target KP BEI malah meleset.
“Tahun ini bisa dikatakan beberapa target kami meleset dipengaruhi transisi dari masa jabatan direksi lama ke direksi yang baru. Direksi baru mempunyai kebijakan yang berbeda dengan direksi lama. Apalagi keadaan perekonomian kita yang kemarin sedikit terguncang, otomatis memengaruhi langkah kita ke depan. Walaupun begitu kami tetap optimis memberikan edukasi dan sosialisasi pasar modal kepada masyarakat Sumut,” pungkasnya. (rls/ti)

 







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.