Mahasiswa Mikroskil Kunjungan ke Panin Sekuritas

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Mikroskil Kunjungan Panin

Medan, Jelasberita.com |  PT Bursa Efek Indonesia Kantor perwakilan Medan bekerjasama dengan kampus STIE Mikroskil yang di bawah bimbingan Bpk Yoseph Kaburuan  berkunjung ke kantor Panin Sekuritas yang ada di gedung BII Medan dengan tujuan adalah untuk mengetahui bagaimana investasi di pasar modal dan bagaimana membeli produk-produk di pasar modal seperti saham obligasi reksadana melalui perusahaan sekuritas.







Bursa Efek Indonesia juga gencar memberikan edukasi sejak dini kepada mahasiswa agar lebih banyak masyarakat tyang teredukasi tentang produk pasar modal. Karena saat ini masih kurang dari 1% penduduk Indonesia yang mengerti tentang pentingnya berinvestasi di pasar modal. Sehingga perlu adanya pemahaman dan edukasi sejak dini tentang produk-produk apa saja yang ada di Pasar Modal.

Sejalan dengan program pemerintah yaitu Literasi Keuangan, kegiatan tersebut sangan baik untuk memperkenalkan Pasar Modal sejak dini kepada masyarakat.

Pada kesempatan yang sama Pak Darmin menjelaskan Jika kita ingin menjadi kaya hanya dengan menabung atau hanya mengharapkan gaji tentunya butuh waktu untuk bisa uang kita berlipat ganda tapi dengan berinvestasi di pasar modal dengan kita membeli saham perusahaan atau memiliki sebagian dari perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tentunya jika perusahaan tersebut bertumbuh maka uang yang kita investasikan di pasar modal juga ikut berkembang karena harga saham akan naik seiring dengan pertumbuhan laba perusahaan banyak cara untuk investasi di pasar modal salah satunya adalah dengan membeli saham perusahaan.

Harga saham di pasar modal juga  bervariasi tergantung dari perusahaan masing-masing sebagai contoh saham bumi resources yang merupakan grup Bakrie saat ini harganya ada di Kisaran 56 rupiah per lembar aturan beli dan jual saham di Bursa Efek Indonesia adalah minimal 100 lembar atau satu lot jadi dengan uang sebesar Rp5.600 kita sudah dapat memiliki perusahaan bumi resources yaitu sebanyak 100 lembar saham atau satu lot.




Salah satu mahasiswa STIE mikroskil yaitu Govinda bertanya bagaimana caranya kita mengetahui kapan harga tersebut sedang murah dan kapan waktunya kita untuk menjual saham tersebut?. Jawaban dari Pak Darmin adalah, dimana kita kalau melihat suatu perusahaan itu baik atau tidak, kita dapat melihat dari dua analisa yaitu Teknikal Analisis dan Fundamental Analisis, jika dengan Fundamental analisis kita dapat melihat dari pertumbuhan perusahaan tersebut. Jika perusahaan tersebut terus bertumbuh dan membukukan hasil yang baik, maka itu bisa jadi acuan untuk kita melihat kondisi perusahaan. (ysp)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.