5274 PESERTA MULAI SENIN, 19 OKT 2015 DIKLAT PLPG DI UNIMED

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




 

Syawal-Gultom




Medan, Jelasberita.com | Universitas Negeri Medan mulai hari senin, 19 Oktober 2015 melaksanakan Diklat PLPG 2015 di kampus hijau Unimed dan kampus perguruan tinggi mitra. Unimed sebagai panitia PLPG PSG Rayon 102 di tahun 2015 ini akan laksanakan Diklat PLPG bagi 5274 peserta yang berasal dari 6 provinsi yakni SUMUT, ACEH, SUMBAR, RIAU, JAMBI dan BENGKULU. Sedangkan perguruan tinggi mitra yang tergabung dalam Rayon 102 ini yakni UNIMED, UISU, Univ. Sisingamangaraja, STKIP Riama, STKIP Binjai.

Pelaksanaan PLPG 2015 ini akan melaksanakan dalam 4 gelombang yang akan mulai dilaksanakan gel. 1 pada 19-28 Oktober 2015 ini, gel.2 tanggal 29 Oktober – 7 November 2015, gel. 3 tanggal 9-18 November 2015 dan gel. 4 tanggal 19-28 November 2015. Seluruh peserta PLPG yang belum mengikuti UKA (ujian kompetensi awal) akan mengikuti UKA pada 17 Oktober 2015 di kampus Unimed. Sedangkan bagi asal daerah diluar SUMUT akan mengikuti UKA pada satu atau dua hari sebelum pelaksanaan PLPG untuk setiap gelombangnya.

Panitia PSG Rayon 102 Unimed telah melaksanakan kordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Utara pada 12 Oktober 2015 di Hotel JW Marriott Medan yangdihadiri oleh semua Dinas Pendidikan dari 33 Kabupaten/Kota di SUMUT. Selanjutnya panitia juga telah melakukan pertemuan dengan 634 asesor yang akan sebagai instruktur pada 13 Oktober 2015 di Ballroom Hotel JW Marriott Medan.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam arahannya dipertemuan rapat kordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di SUMUT bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang penting, karena menjadi langkah awal untuk mencapai keberhasilan bersama dalam pelaksanaan PLPG bagi guru-guru dari semua daerah di SUMUT. Dengan melakukan kordinasi secara baik ini, maka kita harapkan adanya kesamaan persepsi atas pelaksanaan PLPG nantinya. Kami panitia pelaksana PLPG PSG Rayon 102 Unimed minta bantuan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk menyampaikan informasi penting terkait pelaksanaan PLPG yang akan kita laksanakan tahun 2015 ini. Melalui kordinasi ini diharapkan semua calon peserta PLPG dari semua daerah akan lebih mempersiapkan apa yang dibutuhkan dalam pelaksanaan PLPG nantinya. Yang lebih penting lagi yakni semua calon peserta PLPG harus sudah mengetahui jadwal pelaksanaannya, jangan sampai ada peserta yang tidak mengetahui jadwal pelaksanaan diklat PLPG tersebut.




Sementara pada pertemuan dengan asesor calon instruktur pada pelaksanaan PLPG PSG Rayon 102 Unimed, Prof. Syawal berharap agar semua asesor dapat melaksanakan PLPG ini dengan integritas dan penuh tanggungjawab sebaik mungkin, karena ini merupakan amanah pemerintah terhadap kita sebagai pelaksana. Mari kita laksanakan PLPG ini sesuai mekanisme dan SOP yang dikeluarkan oleh pemerintah. Esensi dari pelaksanaan PLPG ini sesungguhnya agar selesai para guru mengikuti Diklat PLPG ini diharapkan adanya peningkatan kualitas guru dan mereka telah siap menjadi guru profesional dengan memiliki kompetensi diri (kompetensi kepribadian, sosial, dan penguasaan keilmuan). Dengan harapan tersebut, maka kita semua asesor harus memiliki persepsi yang sama terhadap pelaksanaan ini dan memiliki persiapan secara baik dalam mencapai hasil yang kita harapkan bersama.

Kita akan laksanakan PLPG tahun 2015 ini dengan pola yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Diantara yang beda adalah semua pelaksanaannya akan berbasis lembar karja (LK) dan intruktur harus menjadi model menjadi guru. Saya berharap kepada semua asesor agar tidak melaksanakan sesuatu yang tidak baik diluar dari SOP. Semoga kita bersama saling bahu membahu dalam mensukseskan kegiatan PLPG ini dengan hasil maksimal sesuai harapan dari pemerintah. (Humas Unimed).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.