Perbedaan Breakfast dan Brunch

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Image via resepmenusehat.com
Image via resepmenusehat.com

Medan, Jelasberita.com | Pernahkah Anda mendengar istilah breakfast dan brunch, istilah ini merujuk pada waktu makan berbeda dan menu yang disantap. Breakfast atau sering juga kita sebut sarapan adalah makanan pertama yang dimakan setelah bangun tidur, umumnya dimakan pada pagi hari sebelum seseorang beraktifitas.

Menu breakfast di kalangan masyarakat Inggris, dapat berupa telur dadar, bacon, dan sosis. Sedang di negara-negara lain menu breakfast bisa berbeda. Tetapi pada umumnya menu sarapan terdiri dari karbohidrat seperti gandum atau sereal, roti, dan nasi. Untuk proteinnya berupa telur, daging, atau ikan. Banyak orang juga melahap buah dan sayur saat sarapan. Sementara minuman pendamping sarapan adalah teh, kopi, susu, atau jus buah.




Istilah brunch berasal dari kata breakfast dan lunch. Sesuai namanya, brunch berarti kegiatan menikmati makanan yang berlangsung diantara jam sarapan dan jam makan siang yaitu pukul 10.30 hingga 15.00.

Makanan untuk brunch umumnya makanan ringan, tidak terlalu berat seperti steak tetapi tidak juga terlalu ringan seperti kudapan. Di Amerika roti panggang telur dan sedikit daging adalah menu favorit. Brunch sendiri sudah menjadi kebiasaan sejak abad 19 di Inggris.

Saat ini brunch sudah menjadi semacam kebutuhan di sana. Namun Brunch identik dengan waktu kumpul dan sosialisasi para wanita. Sehingga jika brunch dilakukan pria, ada beberapa kalangan yang menilai aneh.

Di Indonesia, khususnya Jakarta, beberapa hotel kini punya promo brunch pada hari Minggu. Menu yang umum disuguhkan antara lain pasta, burger, dan sandwich.
Juga ada BBQ atau beragam seafood segar. Minuman spesial pendamping brunch berupa champagne danwine juga ditawarkan.




Berikut istilah jam makan:

Breakfast
Dilaukan sebelum berangkat kerja antara pukul 6 sampai 8.30 pagi. Contoh menu Roti, Susu, Fruit Juice, Telur, Omelette, Scramble, Easy over, The, dan Kopi.

Brunch
Jam makan di antara makan pagi dan makan siang. Sekitar jam 10 sampai jam 11. Biasanya ini dilakukan oleh orang yang tidak sempat sarapan. Menu brunch posisinya lebih berat dari menu breakfast.

Lunch
Makan di antara pukul 12 sampai 3 sore. Makan siang biasanya dilakukan di kantor bagi yang bekerja. Di sebagian sekolah di Amerika, ada break makan siang pada pukul 12 sampai jam 1. Setelah itu kegiatan pelajaran dilanjutkan. Contoh menunya : Seafood in half avocado, Ministrone Soup, Spaghetti bolognaise, Peach Melta, Coffe / Tea.

Evening / Tea Time
Makan di antara pukul 15.00 – 17.80. Biasanya disebut ngopi atau ngeteh sore. Hanya minum kopi/ teh dan makanan ringan, contoh menu : Teh / Kopi, Pancake /Crepe

Dinner
Kegiatan makan ini dilakukan pada saat malam hari di atas jam 6 sampai kira-kira jam 8 malam. Contoh menunya : Russian Mollosal Caviar, Double Consomme with Sherry, Escargot Dyonnaise, Dutch Veal Medallion Oscar, Cherries Jubielle, Coffee / Tea.

Supper
Kegiatan makan si antara pukul 21.00 – 01.00. Beda dengan dinner, supper merupakan makan malam yang hampir mendekati waktu tidur. Kalau anda makan jam 9 malam, maka itu bukan dinner, tapi supper. Contoh menunya : Cream Mushroom Soup, Fillet Chicken Wing, Caramel Custard, Coffee/Tea

Appetizer
Appetizer adalah makanan pembuka. Appetizer adalah makanan ringan yang digunakan untuk membangkitkan selera makan sebelum makanan inti.

Main Course
Main course artinya makanan inti. Biasanya orang menikmati main course setelah appetizer di restoran mewah atau undangan makan malam.

Tea Break/Coffee Break
Tea break artinya istirahat untuk minum teh. Coffee break artinya istirahat minum kopi. Kegiatan ini biasanya dilakukan di sela-sela waktu kerja atau sebuah diklat untuk refresh badan. (Alex)

Leave a Reply

Your email address will not be published.