Pemuda Parapat Dukung Lindung Gurning Cabup Simalungun

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Lindung Gurning

Medan, Jelasberita.com¬†|¬†Sejumlah tokoh pemuda dan pemuka masyarakat asal Parapat menyatakan siap mendukung penuh Lindung Gurning maju sebagai calon Walikota Simalungun. “kami mendukung lae Lindung, membangun kampung halaman kami, ” ujar Kornel Napitupulu, mewakili kelompok tokoh pemuda dalam wawancara dengan wartawan di Lobi Hermes Palace, Jalan Pemuda, Medan, Kamis (15/10).







Lebih jauh, Kornel mengatakan, dukungan itu akan nyata dalam pilkada kali ini mengingat, Lindung Gurning memang dikenal sebagai teman yang baik semasa masih bersekolah. Lindung Gurning menjadi salah satu calon Bupati Simalungun yang nyaris gagal dari penjaringan di tataran KPU.

Namun, ia berjuang keras maju dari jalur perseorangan hingga berkas administrasinya dinyatakan layak untuk maju sebagai calon. Gurning, lahir dan besar di Simalungun. Setamat dari STM GKPS Simalungun, ia merantau ke Pekanbaru, mencari kerja. Hanya setahun ia di sana. Lalu merantau ke Banten.

Bekerja 20 tahun di PT Krakatau Steel. Pernah menjabat sebagai anggota DPRD Cilegon, Banten selama dua periode. Namun di periode kedua yang baru setahun dijalaninya, terpaksa ia tinggalkan. Selama menjabat sebagai wakil rakyat, Lindung berhasil mendorong terwujudnya jalan selebar 30 meter dan panjang 13 kilometer di Banten sekaligus tersedianya tanah pekuburan bagi orang Kristen, hindu dan budha di sana seluas 13 hektar.

Ia mundur dari jabatannya sebagai wakil rakyat Banten demi bisa mencalonkan diri sebagai orang nomor satu di Kabupaten Simalungun. “Saya sejak kecil bercita-cita ingin memajukan kampung halaman. Masakan saya berkarya di kampung orang saja?” ujarnya.




Mimpi Besar
Dalam wawancara dengan wartawan, Lindung menyebut empat agenda besarnya yang jauh hari telah menjadi bagian dari mimpi-mimpi besarnya untuk kampung kelahirannya itu. Mimpi besarnya itu antara lain, melakukan pemerataan pembangunan di 31 kecamatan di Simalungun, membangun infrastruktur jalan, memajukan sektor pariwisata dan membangun mutu kesehatan.

Ia mengatakan, anggaran akan dibagi rata per kecamatan. Kemudian akan dilakukan pembangunan infrastruktur jalan dan irigasi sawah. “Jika mutu infrastrukur jalan sudah bagus, hasil tani dan ladang petani akan lebih mudah dikirim ke kota. Itu pasti menambah pada pendapatan penduduk,” prediksinya.

Terobosan lainnya yang amat dicita-citakannya adalah memajukan sektor pariwisata. Ia ingin Simalungun dikenal sebagai daerah wisata. Strateginya, kata dia, bagaimana meningkatkan jumlah wisatawan serta melelang jabatan kepala dinas pariwisata. Cara pelelangan jabatan ini, diadopsinya dari gaya Ahok,di Jakarta.

Selain itu, ia telah mengagendakan sebuha terobosan baru di Simalungun, yakni menciptakan iklim kerja pegawai sipil agar lebih nyaman. Pergantian para pegawai sipil harus melalui Bapper Zakat. “Mereka harus bekerja dengan disiplin untuk melayani kebutuhan rakyat,” harapnya.

Bahkan, untuk pembuatan bukti identitas berupa kartu penduduk dan kartu keluarga, tegas dia, akan dikerjakan di tingkat kecamatan saja. Sementara itu di sektor kesehatan, ia berjanji akan meningkatkan mutu layanan. Salah satunya dengan menyediakan dokternya ada setiap waktu. “Nanti akan didorong lahirnya perda yang menegaskan dokter-dokter harus berdomisili di wilayah kecamatan tempat dia bekerja,” pungkas kandidat dari nomor urut 5 itu. (Dewa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.