GURU BESAR YANG HUMBLE : PROF. DR. ASIH MENANTI, MS., S.Psi.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




 

Foto Prof. Asih Menanti.Prof. Dr. Asih Menanti, MS., S.Psi. saat ini adalah guru besar di Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan. Ia menempuh pendidikan S1, S2, dan S3 dalam Ilmu Psikologi murni. Disamping itu ia juga menempuh pendidikan S1 Ilmu Pendidikan bidang Bimbingan dan Konseling. Dra. Asih Menanti menikah dengan Drs. Abdul Murad  pada tahun 1985, mereka dikaruniai seorang putera dan seorang puteri. Saat ini Prof. Dr. Abdul Murad, MPd bertugas di tempat yang sama dengan Prof. Dr. Asih Menanti, MS., S.Psi.




Aktivitas rutin dan dinamis beliau adalah bekerja di kampusnya di Universitas Negeri Medan untuk melaksanakan tugas tridharma perguruan tinggi. Seiring melaksanakan tugasnya tersebut, ia mengelola  kewajibannya sebagai ibu rumah tangga di rumahnya di jalan STM-Suka Tangkas Nomor 23 Medan. Perjalanan karir Asih Menanti dimulai sejak ia menjadi mahasiswa jenjang sarjana semester 6 (enam) pada tahun 1984, dengan bekerja sebagai staf Bimbingan-Konseling dan staf administrasi di Biro Konsultasi Bina Karsa. Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana Bimbingan-Konseling pada tahun 1985, ia memperluas pengalaman kerjanya dengan bekerja di Multi Data Konsultan sebagai staf. Disini ia bekerja sebagai tester dan menulis evaluasi psikologis bidang pendidikan sebatas bidang keahlian paedagog yunior saat itu. Ketertarikan pada dunia anak, membawa ia menjadi paedagog pendidikan Taman Kanak-Kanak selama 3 tahun, dan menjadi Ketua Program Studi Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Medan selama 5 tahun.

Pada tahun 1985 Dra. Asih Menanti mulai berkarir sebagai dosen CPNS di IKIP Medan, hingga sekarang menjadi guru besar Psikologi, home base di Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan dan dosen Pascasarjana. Disamping sebagai dosen, ia menjadi salah seorang staf LP2Ai Unimed. Beberapa tugas tambahan yang pernah beliau lakukan. Di Universitas Negeri Medan adalah menjadi asesor sertifikasi dosen, asesor sertifikasi guru, revieuwer hibah penulisan buku ajar, revieuwer penelitian mandiri. Disamping menjadi dosen tetap di Unimed, beliau juga mengabdikan ilmunya dengan menjadi dosen luar biasa di Program Magister Psikologi Universitas Sumatera Uta (USU) dan Universitas Medan Area (UMA).

Dalam kegiatan pendidikan, Prof. Dr. Asih Menanti mengajarkan ilmu psikologi, ilmu kependidikan, penyusunan dan pengembangan alat ukur psikologi, metode penelitian, dan filsafat. Ia menulis buku Psikologi Kognitif (Pengantar untuk Pendidik Anak di Sekolah dan di Luar Sekolah), Penalaran Moral Remaja Melayu dan Kontributornya, Pendidikan Karakter (Membangun Budaya Akademik di Unimed), Teori-Teori Sosial Budaya. Dalam penelitian ia melakukan penelitian terutama penelitian-penelitian tentang pembelajaran berkaitan dengan pengembangan diri mahasiswa. Misalnya penelitian tentang pembelajaran menggunakan narasi kasus dan pengalaman langsung (direct purposeful experience) yang berdampak pada  self efficacy mahasiswa, self control mahasiswa. Contoh lain, penelitian tentang kemampuan mahasiswa dalam memahami bahasa tubuh (nonverbal), kemampuan mahasiswa melakukan empati secara akurat. Ia juga menulis karya ilmiah pada jurnal, penyaji makalah pada pertemuan-pertemuan ilmiah. Makalah yang cukup berkesan baginya antara lain adalah berjudul counseling indigenous, sistem dalihan na tolu dalam perspektif psikologi, building the student moral judgment values with universal perspective, rekonseptualisasi teori moral judgment Kohlberg untuk suku bangsa Melayu berorientasi budaya interdependen. Dalam pengabdian kepada masyarakat, beliau aktif memberi informasi (ceramah) dan melatih tentang  kependidikan, psikologi, konseling, pada individu usia anak/kanak-kanak, remaja, dan dewasa.

Prof. Dr. Asih Menanti senang mengikuti pertemuan-pertemuan ilmiah. Rasa senang ini berdampak positif, seperti menjadi bagian dari peserta-peserta terbaik kegiatan. Perolehan terkini di September 2015 ini beliau memperoleh penghargaan atas prestasi sebagai seorang Honorary Profesor of FIP – JIP Forum yang diselenggarakan panitia di Gorontalo. Forum FIP JIP adalah Forum Jurusan-Jurusan Ilmu Pendidikan yang ada di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan dan diselenggarakan oleh perguruan tinggi-perguruan tinggi (negeri) penyelenggara LPTK di  Indonesia. Prof. Dr. Asih Menanti, MS., S,Psi. mengenal dirinya sebagai seorang yang ramah, empatik, sederhana, pencinta keadilan, pencinta budaya, dan musik, meskipun kurang kompeten bernyanyi.




Leave a Reply

Your email address will not be published.