Manfaat Teh Bagi Kesehatan dan Kecantikan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Image via adasmerica.com
Image via adasmerica.com

Medan, Jelasberita.com | Manfaat teh yang paling fenomenal adalah salah satunya untuk menurunkan berat badan yang paling digemari oleh wanita tentunya. Minum teh selama ini dipercaya berguna untuk kesehatan. Namun apakah Anda tahu apa saja manfaat kesehatan yang didapat ketika minum teh?

Teh merupakan minuman favorit dalam jamuan makan ataupun sekedar menjadi teman kudapan di Indonesia. Dr Aaron E. Carrol dari Indiana University mengatakan bahwa seperti kopi, teh juga memiliki pro-kontra di bidang kesehatan.




Dalam klasifikasinya, teh dibagi menjadi 4 kelompok yaitu teh hitam, teh oolong, teh hijau dan teh putih. Dibalik kesederhanaan secangkir teh, ternyata menyimpan banyak manfaat yang membuat kita semakin mencintai teh.

Minum 3 gelas teh per hari dikatakan dapat menurunkan tingkat depresi hingga 37 persen. Pernyataan ini diambil berdasarkan 11 penelitian pada 2015 dengan 23.000 peserta. Dikutip dari New York Times, Selasa (6/9/2015)

Secara umum kandungan senyawa dalam teh terdiri atas:

  1. Kafein – Tentu saja kafein yang terkandung dalam teh jauh lebih sedikit dibanding kopi.
  2. Polifenol – Merupakan sejenis antioksidan bioflavonoid yang mengandung 25 kali lebih efektif dari vitamin E dan 100 kali pada vitamin C.
  3. Essential Oil – Proteinnya berperan dalam pembentukan aroma pada teh.

Namun berdasarkan berbagai penelitian menyebut teh memiliki kandungan antioksidan yang bernama katekin. Pada daun teh yang segar Teh hijau dan teh putih memiliki kandungan katekin yang cukup tinggi, kadar katekin bisa mencapai 30 persen dari berat daun kering., tetapi teh hitam mengandung lebih sedikit katekin karena katekin hilang dalam proses oksidasi.




Kemudian penelitian lainnya di Hongkong mengatakan kandungan zat kimia pada teh dapat mencegah dan mengobati esteoporosisi. Epigallocatechin (EGC) yang merupakan salah satu komponen utama dari teh hijau tenyata mampu meningkatkan aktifitas enzim pada tulang sehingga mendorong tingkat pertumbuhan tulang hingga 79%. Selain itu EGC juga meningkatkan mineralisasi tulang (memperkuat tulang).

Minum teh sebanyak 3 cangkir sehari dikaitkan dengan penurunan penyakit jantung koroner, pendarahan intraserebral, kanker, dan kematian tiba-tiba.

Berikut manfaat teh bagi kesehatan dan kecantikan:

  1. Melarutkan Lemak
    Kandungan essential oil pada teh dapat melarutkan lemak dan melancarkan pencernaan.
  2. Menurunkan Berat Badan
    Ekstrak teh hijau dapat mengganggu pembentukan lemak dalam tubuh. Namun penting untuk anda ketahui bahwa teh hijau instan harus di hindari, karena banyak mengandung gula, lebih baik merebus sendiri teh hijau buatan anda.
  3. Mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke
    Kandungan polifenol pada teh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan gula darah. Kandungan flavonoid quercetin, kaempferol, dan myricetin pada teh dapat menurunkan tekanan darah dan pengerasan arteri yang berbanding lurus kesehatan jantung. Minum teh dapat membantu menjaga arteri anda agar bebas dari sumbatan, hal ini juga dapat membuat buang air kecil akan lebih teratur. Minum 2-3 cangkir teh hitam setiap hari mengurangi risiko 70 % terkena serangan jantung fatal dari pada orang yang tidak meminum teh.
  4. Melindungi Tulang
    Para peneliti berpendapat bahwa kandungan phytochemical merupakan zat yang dapat membantu melindungi tulang.
  5. Mencegah Kanker
    Polifenol, antioksidan yang ditemukan dalam teh memiliki efek melawan kanker.
  6. Meningkatkan metabolisme tubuh
    Teh hijau mengandung polifenol katekin bermanfaat meningkatkan pengeluaran energi dalam tubuh karena bersifat menghangatkan tubuh (thermogenesis).
  7. Meningkatkan kesehatan gigi
    Polifenol sangat efektif sebagai pembunuh bakteri akibat plak yang menempel pada gigi. 8. Menghilangkan Kantuk
    Teh memiliki kandungan kafein yang sudah kita ketahui bersama dapat mengurangi rasa kantuk, bahkan sampai malam hari.
  8. Mencegah Diabetes
    Kafein dalam teh dapat membantu dalam mengurangi risiko terkena diabetes.
  9. Meningkatkan Mood (moodd booster)
    Secangkir teh hitam adalah senjata ampuh membantu dalam mengurangi kadar hormon stres. Enam bulan konsumsi teh hitam menurunkan tekanan darah sistolik.
  10. Melawan radikal bebas
    Teh memiliki kandungan ORAC (oxygen radical absorbance capacity) yang cukup tinggi, hal ini adalah salah satu cara untuk menghancurkan radikal bebas (yang dapat merusak DNA) dalam tubuh manusia.

Manfaat Teh Bagi Kecantikan:

  1. Rambut
    Teh hijau yang diendapkan bisa digunakan untuk membuat rambut bercahaya dan sehat. Endapan teh dibasuhkan pada rambut, tunggulah beberapa menit lalu bilaslah dengan sampo. Pathenol dalam teh hijau membantu mengurangi rambut rusak dan bercabang.
  2. Wajah
    Masker berbahan dasar teh dapat mencegah kekeringan pada kulit wajah. Mengompres bagian bawah mata dengan teh, dapat mengurangi kantung. Tanin pada teh dapat memberi kesegaran kembali pada kulit sekitar mata.
  3. Tubuh

Meski banyak manfaat, jangan asal minum ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama hindari meminum teh setelah makan. Minum teh setelah makan dapat menggangu penyerapan zat besi yang dikonsumsi dalam makanan. Sebaiknya, teh diminum kurang lebih 2 jam sebelum atau sesudah makan.

Kedua, disarankan juga untuk tidak meminum teh yang terlalu kental atau hitam. Teh yang terlalu kentan atau hitam memiliki sifat diuretik yang tinggi sehingga buang air kecil akan lebih sering dan tubuh sering merasa haus, bahkan dapat menyebabkan dehidrasi. (Alex)

Leave a Reply

Your email address will not be published.