10 Mahasiswa Indonesia Menerima Beasiswa Cargill Global Scholars

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Cargill Global Scholars

Medan, Jelasberita.com | Untuk pertama kalinya memberikan beasiswa kepada 10 mahasiswa berprestasi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Nilai yang digelontorkan Cargill terhadap penerima beasiswa tahun 2015 sebesar US $ 2.500 per orang per tahun.







Program beasiswa ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial dengan tujuan mengembangkan potensi calon pemimpin muda Indonesia. Corporate Affairs Director Cargill Indonesia, Arief Susanto, Jumat (1/10), Bogor, mengatakan, Cargill berkomitmen memperkaya masyarakat dengan pendidikan dalam menghadapi persaingan di pasar global sekaligus mendukung percepatan pertumbuhan yang dibutuhkan Indonesia.

Penerima beasiswa Cargill juga mendapatkan pelatihan kepemimpinan dan peningkatan kapasitas sesuai dengan bidangnya. Direktur Human Resources Cargill Indonesia Bagus Setiagung menuturkan, Cargill tidak hanya memberikan uang kepada mahasiswa tetapi juga memberikan mereka kesempatan belajar langsung dari pemimpin-pemimpin Cargill. Pada tahun kedua, para penerima beasiswa Cargill sedunia akan diundang mengikuti seminar kepemimpinan tingkat global. Adapun negara-negara yang telah mendapatkan beasiswa ini yaitu Brasil, China, India, Rusia, Amerika Serikat, dan Indonesia.

Sepuluh nama mahasiswa penerima beasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia adalah Risqika Edni Doni Achsan (UGM), Nurlita Febriani Silalahi (Unibraw), Karimah Khairunnisa (IPB), Fiona Yolita Purnomo (ITS), Levina Caroline (IPB), Muhammad Rois Novyanto (Unibraw), Alik Rangga Prasetya (Unibraw), Alysa Shabrina (UGM), Arthur Renold Monang (UGM), dan Safriyana (IPB).

(kiri-kanan): Dr. Katrin Roosita , SP, M.si. Kasubdit Kesejahteraan Mahasiswa Institut Pertanian Bogor, Syafriyana  (Mahasiswa - Penerima Beasiswa), Agroindustrial Technology - Bogor Agricultural University, Bagus Setiagung HR Director Cargill Indonesia, Arief Susanto Corporate Affairs Director Cargill Indonesia
(kiri-kanan): Dr. Katrin Roosita , SP, M.si. Kasubdit Kesejahteraan Mahasiswa Institut Pertanian Bogor, Syafriyana (Mahasiswa – Penerima Beasiswa), Agroindustrial Technology – Bogor Agricultural University, Bagus Setiagung HR Director Cargill Indonesia, Arief Susanto Corporate Affairs Director Cargill Indonesia

Menurut Bagus, pihaknya telah melakukan seleksi secara ketat terhadap penerima beasiswa. Adapun kriteria yang penilaian yang berhak mendapatkan beasiswa Cargill adalah memiliki kemampuan akademik yang tinggi, memiliki potensi kepemimpinan, berpotensi bisa berbicara di depan publik. Selain itu, di dalam tes wawancara, Cargill mencari penerima (mahasiwa) yang berintegritas. Hal ini, kata Bagus, sesuai dengan niali-nilai Cargill: integritas, keyakinan, dan keberanian.




Salah seorang penerima beasiswa, Safryana mengaku senang bisa mendapatkan beasiswa Cargill. Kata dia, Cargill memberi ruang bagi perempuan dalam hal kepemimpinan. “Saya sangat tertarik bisa mendapatkan beasiswa ini, apalagi saya dari juruan Agroindustri. Dalam pelatihan kepemimpinan yang saya dapat dari Cargill bahwa perempuan juga mendapat tempat untuk memimpin,” ujarnya.

Kasubdit Kesejahteraan Mahasiswa IPB Katrin Roosita mendukung dan mengapresiasi program Cargill Global Scholars. “Beasiswa ini memberikan dukungan yang baik bagi mahasiwa berprestasi karena mereka akan menerima biaya dan pendampingan dari para mentor serta pelatihan kepemimpinan yang dapat mendukung mereka menjadi pemimpin masa depan Indonesia,” ujarnya.

Cargill merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang makanan, pertanian, pakan ternak, keuangan serta jasa di seluruh dunia. Cargill berpengalaman selama 150 tahun membantu petani, pelanggan, pemerintah, serta masyarakat. Cargill memperkerjakan 153.000 orang di 67 negara yang berkomitmen menyediakan pangan bagi dunia. (Roni)

Leave a Reply

Your email address will not be published.