Terdapat Lima Kota Mati Berpenghuni Hantu

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Image via theepochtimes.com
Image via theepochtimes.com

Medan, Jelasberita.com | Beberapa orang percaya akan adanya dunia lain atau penghuni lain selain mahluk hidup, seperti roh atau hantu. Namun keberadaan penghuni kerap kali mengundang rasa takut dan cemas. Bahkan ada sampai sebuah tempat dalam sebuah kota secara khusus ditinggalkan. Tempat-tempat ini akhirnya terbengkalai dan menjadi kusam sehingga menjadi kota mati, semakin lengkap dengan suasana menyeramkan. Berikut lima tempat yang telah diabaikan:

1. Pripyat, Ukraina




Image via mnn.com
Image via mnn.com

Setelah tragedi ledakan reaktor nuklir Chernobyl pada April 1986, Pripyat sebagai kota lokasi reaktor nuklir di Ukraina, mengalami kehancuran parah. Akibatnya, kota tersebut ditinggalkan hingga sekarang.

Puluhan tahun telah berlalu, walau suasana kota begitu mengerikan, tempat ini menjadi tempat kunjungan wisata, beberapa traveler yang datang ke Pripyat untuk menyaksikan kota yang menyimpan tragedi itu.

Namun traveler tidak boleh sembarangan keliling Pripyat. Hal ini dikarenakan masih adanya radiasi dari bekas reaktor nuklir di beberapa bagian Kota Pripyat. Sejumlah peneliti mengatakan bahwa kota tersebut tidak aman untuk dihuni hingga entah kapan.

2. Pulau Hashima, Jepang




Image via ramesan.com
Image via ramesan.com

Pulau Hasirama terletak di wilayah Nagasaki, juga disebut sebagai kapal perang atau ‘Gunkanjima’. Pulau ini merupakan bekas tambang batu bara yang dahulu sempat berjaya. Pulau ini juga pernah diterjang tornado hebat.

Berawal ketika ditutupnya tambang batubara pada tahun 1974, akibatnya sebanyak 5.000 orang penghuni pergi meniggalkan kota itu. Kota akhirnya berubah menjadi kota hantu tanpa adanya penghuni. Salah satu ciri khas kota ini adalah gedung bertingkat yang sudah rusak dan dimakan usia.

Meski termasuk kota yang menyeramkan, tidak menghalangi niat sutradara untuk menbuat film action ‘James Bond: Skyfall’ yang dibintangi oleh aktor Daniel Craig. Membuat adegan film di pulau ini.

3. Oradour-sur-Glane, Prancis

Image via neomisteri.com
Image via neomisteri.com

Pada masa perang NAZI Jerman, Oradour-sur-Glane adalah sebuah desa di Prancis yang dihancurkan saat Perang Dunia II. Padahal sebelumnya desa Oradour-sur-Glane merupakan tempat tenang dan damai. Hal ini menunjukkan perang bisa juga memberikan dampak yang buruk.

Dalam peperangan pasukan NAZI Jerman tidak segan-segan melakukan pembunuhan terhadap 642 penduduk desa pada Juni 1944. Pembunuhan secara keji meliputi baik wanita dan anak-anak, ada yang ditembak sampai dibakar hidup-hidup.

Desa Oradour-sur-Glane ditinggalan dan dijadikan monumen peringatan atas kejadian kelam tersebut. Sisa penduduk yang masih bertahan hidup mendirikan desa baru di dekatnya.

4. Varosha, Cyprus

Image via ragpickinghistory.co.uk
Image via ragpickinghistory.co.uk

Kota Varosha di Cyprus yang berada di tepi pantai tidak dihuni oleh seorang pun. Sehingga barisan hotel dan resor yang berada di tepian pantai itu menjelma menjadi kota mati yang menyeramkan. Varosha sempat diinvasi oleh tentara Turki pada tahun 1974 dan ditinggalkan oleh 40 ribu penghuninya.

Pada masa jayanya, Varosha sempat dikunjungi oleh bintang film legendaris seperti Elizabeth Taylor dan Brigitte Bardot. Sekarang hanya kota mati saja.

5. Port Arthur, Australia

Image via australiantraveller.com
Image via australiantraveller.com

Kota hantu yang kelima adalah Port Arthur di Tasmania, Australia. Jika dilihat kota ini memiliki pemandangan yang indah dan tidak ada sesuatu yang salah. Port Arthur merupakan bangunan yang bersejarah dan alam memiliki alam yang hijau.

Namun akibat tragedi berdarah yang terjadi pada tahun 1996, Port Arthur yang merupakan lokasi penjara. 35 orang terbunuh dan hampir dua lusin penduduk Australia terluka pada saat tragedi tersebut. Hal ini berakibat orang-orang meninggalkan Port artur begitu saja. (Alex)

Leave a Reply

Your email address will not be published.