Dampak Dari Kebiasaan Sengaja Menjulingkan Mata

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Image via vemale.com
Image via vemale.com

Medan, Jelasberita.com | Salah satu hobi yang terkadang suka dilakukan orang adalah dengan sengaja menjulingkan mata. Hal ini kerap kali dilakukan untuk menunjukkan ekspresi lucu. Apakah dengan kebiasaan tersebut dapat menyebabkan mata menjadi juling selamanya?

Seorang dokter spesialis mata dari Ciputra SMG Eye Clinic berpendapat, bahwa dengan secara sengaja menjulingkan mata dalam waktu yang lama hanya akan memaksa otot mata bergerak berlawanan arah, hal itu sama dengan olah raga mata, namun tidak akan menimbulkan efek juling secara permanen. Pendapat dr. Utami sama halnya dengan buku yang berjudul ‘What If’ karangan Marshall Brain.




Memang jika mata dijuling-julingkan dalam waktu lama dapat mengakibatkan ketegangan pada otot mata, yang berdampak pada kejang pada mata, mata terasa denyut-denyut, lelah, pandangan kabur, kesulitan membaca. Namun mata akan tetap kembali kepada posisi semula, efek ketegangan mata biasanya akan berlangsung kurang lebih selama satu jam saja. Memang belum ada bukti medis yang membuktikan bahwa dengan dengan sengaja menjulingkan mata bisa berdampak pada juling permanen.

Berikut beberapa tips untuk melatih otot-otot mata agar lebih kuat dan fokus dan tidak mudah lelah atau kabur, yaitu: pilih objek tertentu, kemudian padang objek tersebut dalam jarak yang cukup dekat selamat beberapa detik lalu cepat-cepat beralih ke sisi lain dari ruangan. Pastikan bahwa kedua mata terfokus pada objek yang sama saat pertama kali dipandang walau badan berpindah posisi yang lain secara bertahap kekuatan otot mata akan meningkat jika hal ini sering dilakukan secara rutin.

Setelah latihan penguatan otot mata penting juga melakukan relaksasi mata. Caranya gosoklah tangan bersama-sama sampai terasa hangat, lalu letakkan di mata yang tertutup. Usahakan untuk tidak benar-benar menekan mata dan menjaga leher serta bahu agar tetap rileks, tahan posisi ini sampai 5 menit. Latihan ini bisa melemaskan dan menenangkan mata.

Memindah-mindahkan objek dapat juga digunakan untuk penguatan otot mata, yaitu memegang objek dengan merentangkan tangan ke depan setinggi mata, lalu gerakkan secara perlahan ke depan menuju ujung hidung. Jauhkan kedua fokus mata dari objek setiap kali penglihatan menjadi buram atau mulai kehilangan fokus. Dengan latihan secara rutin hasilnya otot mata menjadi kuat dan bisa tetap fokus pada objek yang sama meskipun bergerak menjauh secara bertahap.




Walau secara medis tidak ada bukti jika menjulingkan mata secara sengaja dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan mata juling permanen, adalah baiknya kebiasaan ini tidak terlalu sering dilakukan untuk menjaga kondisi kesehatan mata tetap baik. (Alex)

Leave a Reply

Your email address will not be published.