Hati-hati Kalau Beli Emas, Banyak  Yang Palsu Beredar Di Pasar

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




hati hati emas palsu

Emas merupakan logam mulia yang sudah menjadi ladang bisnis maupun investasi berharga, pergerakannya pun selalu dipantau. Pergerakan nilai emas ini selalu mengalami kenaikan bersama jalannya waktu. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang menginvestasikan uangnya dalam bentuk emas. Namun hati-hati kalau beli emas, banyak yang palsu beredar dipasaran sekarang. Banyaknya peminat yang bermunculan, diimbangi juga dengan banyaknya para penjual curang yang membuat emas palsu. Telitilah emas yang anda beli adalah emas asli atau sepuhan (imitasi). Bukannya keuntungan besar yang akan anda dapatkan, malah kerugian sudah menanti anda di depan mata jika sudah bersinggungan dengan para pedagang yang bermain curang seperti itu.emas asli dan palsu 2




Maka dari itu, anda diharuskan bisa lebih teliti dalam membedakan mana emas yang asli dan mana emas yang imitasi. Dody Martimbang selaku General Manager Logam Mulia Bisnis Unit saat di wawancara oleh Jelas berita menyatakan, membedakan emas asli dan emas sepuhan memang agak sulit jika dibedakan berdasarkan bentuk fisiknya. Akan tetapi pastinya ada cara sendiri bagaimana anda membedakannya untuk menghindari hal buruk yang kemungkinan terjadi. Emas imitasi ini tidak dibuat dengan emas seluruhnya. Logam jenis lain dicampurkan dengan emsa, seperti tembaga, perak, kuningan, dan nikel. Biasanya emas hanya sebagai lapisan luar saja. Emas palsu akan menempel jika didekatkan dengan magnet, sedangkan emas asli tidak akan menempel.

Cara lain untuk membedakannya adalah dengan menggosok-kan ke keramik. Jika keramik kemudian terdapat garis hitam, maka emas tersebut palsu. Berat emas palsu juga tidak terlihat semestinya. Jika terlihat 100 gram, maka saat ditimbang beratnya akan kurang. Dengan banyak cara yang digunakan untuk membuktikannya, ternyata para pedagang yang berbuat curang tersebut tidak mau kalah. Mereka terus mencari cara agar tidak merugi. Salah satunya dengan membuat sertifikat palsu. Sekarang banyak toko emas yang sudah memiliki alat pendeteksi emas palsu. Atau lebih mudah lagi dengan bertransaksi emas di Antam. Antam mengeluarkan kemasan emas baru agar terhindar dari pemalsuan. Sertifikat juga langsung ditanamkan pada emas.

emas asli dan palsu

Pihak Antam kini benar-benar serius dalam mengamankan pergerakan emas agar terhiindar dari para pedagang nakan yang suka memalsukan emas dan sertifikatnya. Demikian jika anda benar-benar ingin berinvestasi dengan emas, jadilah orang yang pintar dalam memilih jenis emas yang akan anda beli. Waspadalah pada para penjual yang suka berbuat curang. Hati-hati kalau beli emas, banyak yang palsu, jangan langsung percaya jika emas dijual dengan harga murah, terlebih lagi jika emas tersebut tidak dilengkapi dengan sertifikat. Amankan investasi anda dari emas palsu yang bukannya membuat investasi menguntungkan malah uang anda akan benar-benar tidak berharga lagi, dan bahkan bisa hilang karena tertipu. (ysp)




Leave a Reply

Your email address will not be published.