Sergai Persiapkan Konsultasi Publik PPG

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Pemkab Sergai melakukan persiapan untuk melaksanakan konsultasi publik penataan dan pemerataan guru (PPG).
Pemkab Sergai melakukan persiapan untuk melaksanakan konsultasi publik penataan dan pemerataan guru (PPG).

Sergai, Jelasberita.com | Dinas Pendidikan (Disdik) Serdang Bedagai (Sergai) bekerja sama dengan USAID PRIORITAS dalam waktu dekat akan melaksanakan Konsultasi Publik Program Penataan dan Pemerataan Guru (PPG) sebagai tindak lanjut dari kegiatan analisis data kecukupan dan kekurangan guru di Sergai, Sumatera Utara.

Tim data PPG yang dibentuk Disdik dibantu oleh para Service Provider (SP) USAID PRIORITAS selama ini (secara marathon) telah mendata, mengkaji dan menganalisis data kondisi kecukupan dan kekurangan guru di Sergai. Dari analisis tersebut didapat data bahwa harus ada program penataan dan pemerataan guru agar tidak terjadi ketimpangan kecukupan guru di masing-masing sekolah sehingga kwalitas pendidikan di Sergai dapat terus ditingkatkan secara merata.




Hal itu diungkapkan oleh Kadisdik Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM pada saat membuka acara Pendampingan 4 PPG yang dilaksanakan oleh USAID PRIORITAS, Senin-Selasa (7-8/9) di SMPN 1 Sei Rampah. Hadir pada kesempatan itu Sekretaris Disdik Drs. Janter Siregar, MM, Sekretaris BKD Abdul Razaq, Kasubid Mutasi dan Kepegawaian BKD Khairuddin, Kasubid Tenaga Kerja, Pendidikan dan Pemerintahan Bapeda Ramli Simbolon, Kasi Pendis Kemenag Yusuf Barus, SE, Kasubag Program Disidik Effendy, S.Pd, Kasubag Umum dan Kepegawaian Disdik Asrol Mukhlis Nasution serta Tim Data PPG Kabupaten.

Sedangkan tim Service Provider USAID PRIORITAS yang hadir adalah Dr. Imran Akhmad (UNIMED), Jogi Siregar, ST (LPMP) dan District Coordinator (DC) USAID PRIORITAS Sergai Abdul Firman, S.Pd., M.Si.

Lebih lanjut Kadisdik Joni Walker Manik mengatakan bahwa, setelah ini Disdik Sergai bekerjasama dengan USAID PRIORITAS akan melaksanakan konsultasi publik dengan mengundang stakeholder daerah dan elemen masyarakat diantaranya DPRD, Bapeda, BKD, Kemenag, LSM, Pers, dll. Dalam kegiatan konsultasi publik nanti kita akan sampaikan kondisi dan keadaan guru kepada stakeholder yang ada.

Selain itu kita juga sedang mendorong agar segera diterbitkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten berkaitan dengan PPG ini. Semua ini kita laksanakan demi memajukan pendidikan Sergai, terang Joni.




Pada kesempatan itu juga Kadisdik mengajak seluruh stakeholder yang berkepentingan untuk terus menjalin kebersamaan dalam rangka mensukseskan pelaksanaan program PPG ini nantinya.

Sementara itu DC USAID PRIORITAS Sergai Abdul Firman, S.Pd., M.Si mengatakan bahwa USAID PRIORITAS berkomitmen mendukung peningkatan kwalitas pendidikan di Indonesia termasuk Sergai. Dalam programnya, selain mengembangkan model pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) untuk jenjang SD/MI, CTL (Contectual Teaching and Learning) untuk SMP/MTs, peningkatan manajemen sekolah dan keterlibatan masyarakat melalui Komite Sekolah melalui pelatihan MBS (Managemen Berbasis Sekolah), USAID PRIORITAS juga mendukung kegiatan program Penataan dan Pemerataan Guru (PPG), Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan lain-lain, kata Firman (Dewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.