Paguyuban Orangtua Apresiasi USAID PRIORITAS di Sergai

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Paguyuban orangtua siswa mengikuti sosialisasi program USAID PRIORITAS.




Paguyuban orangtua siswa mengikuti sosialisasi program USAID PRIORITAS.

Sergai, Jelasberita.com | Dalam menjalankan komitmen peningkatan mutu pendidikan di Serdang Bedagai (Sergai), Dinas Pendidikan (Disdik) Sergai dan USAID PRIORITAS menggelar kegiatan ekspos pendidikan dan sosialisasi program kerjasama dengan USAID PRIORITAS kepada paguyuban wali murid sekolah mitra.

Hal ini dilaksanakan untuk lebih mendekatkan program kerjasama kita dengan USAID PRIORITAS kepada seluruh wali murid, sebab wali murid merupakan salah satu elemen penting dalam suksesnya peningkatan mutu pendidikan terutama yang berkaitan dengan implementasi pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Demikian dikatakan Kadisdik Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM yang diwakili Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Pendidikan Dasar (Dikdas) Juhriyani, S.Pd pada kegiatan ekspos pendidikan dan sosialisasi program kemitraan dengan USAID PRIORITAS kepada paguyuban wali murid, Kamis (10/9) di Aula SDN 102028 Sei Parit Kecamatan Sei Rampah.

Sebagaimana diketahui, salah satu pilar MBS itu adalah peran serta masyarakat (PSM). Dalam implementasi PSM, masyarakat (termasuk didalamnya komite sekolah dan wali murid) diharapkan turut serta dan berpartisipasi aktif dalam mendukung pembangunan sekolah, peningkatan mutu pendidikan sampai kepada pemecahan berbagai masalah yang terjadi di sekolah, terang Juhriyani.

Keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan sekolah dewasa ini sudah menjadi sebuah keniscayaan. Tanggung jawab tersebut tidak hanya menjadi tugasnya kepala sekolah dan guru, namun juga menjadi tanggung jawab masyarakat terutama komite sekolah dan para wali murid, tambah Juhriyani.




Sebelumnya Disdik Sergai melalui Kasi Kurikulum Juhriyani, S.Pd menyampaikan ekspos tentang capaian, keberhasilan dan prestasi-prestasi dunia pendidikan Sergai kepada para wali murid yang hadir. Termasuk juga perencanaan-perencanaan Disdik Sergai dalam upaya peningkatan mutu dan prestasi pendidikan Sergai.

Sementara itu Propincial Coordinator (PC) USAID PRIORITAS Sumatera Utara (Sumut) Agus Marwan yang diwakili District Coordinator (DC) Sergai Abdul Firman, S.Pd., M.Si mengatakan bahwa, USAID PRIORITAS berkomitmen mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia termasuk Sergai.

Dalam pelaksanaan programnya, USAID PRIORITAS mengembangkan model pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) untuk jenjang SD/MI, CTL (Contectual Teaching and Learning) untuk jenjang SMP/MTs, peningkatan manajemen sekolah dan keterlibatan masyarakat melalui pelatihan MBS.

Selain itu USAID PRIORITAS juga membantu Disdik Sergai dalam melaksanakan program Penataan dan Pemerataan Guru (PPG), Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), pengembangan budaya baca (literasi), bantuan buku berjenjang dan lain-lain. Semua itu bentuk komitmen USAID PRIORITAS dalam membantu peningkatan mutu pendidikan di Sergai, kata Firman.

Selain mendengarkan ekspos dan presentasi dari Disdik dan USAID PRIORITAS, para wali murid juga diajak menonton video keterlibatan PSM dalam penyelenggaraan sekolah dan berkeliling sekolah melihat perubahan kelas yang terjadi setelah mendapat manfaat program USAID PRIORITAS.

Salah seorang wali murid Khairul Azwar mengatakan, selaku wali murid kami sangat mengapresiasi program Disdik dan USAID PRIORITAS dalam peningkatan mutu pendidikan ini. Hendaknya program ini tidak hanya dilaksanakan di sekolah-sekolah tertentu saja melainkan diseluruh sekolah di wilayah Sergai agar mutu pendidikan dapat kita tingkatkan secara merata.

Setelah mendapat program USAID PRIORITAS, anak-anak kami sekarang lebih mandiri dan punya inisiatif sendiri misalnya dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah di rumah. Tidak lagi harus diingatkan dan disuruh seperti sebelumnya, tambah Khairul Azwar yang anaknya duduk di kelas 2 SDN 102028 Sei Parit.

Hadir pada acara itu Kadisdik Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM yang diwakili Kasi Kurikulum Dikdas Juhriyani, S.Pd, PC USAID PRIORITAS Sumut Agus Marwan yang diwakili DC Sergai Abdul Firman, S.Pd., M.Si, Pengawas Sekolah yang juga Fasilitator Daerah (Fasda) USAID PRIORITAS Kelompok MBS SD/MI Dra. Sessi Sessarina Zannibar, M.Pd, Fasda Kelompok Pembelajaran SD/MI Marwan M. Din, S.Ag, Kepala Sekolah SDN 102028 Sei Parit Sonti Hutasoit, M.Pd, Ketua Komite Sekolah Riswan Pulungan, para dewan guru dan para wali murid (Dewa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.