UNIMED LEPAS 3624 MAHASISWA PPLT DI 11 KABUPATEN DI SUMUT  

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




 UNIMED LEPAS 3624 MAHASISWA PPLT DI 11 KABUPATEN DI SUMUT   
Jelasberita.com | Rektor Universitas Negeri Medan secara resmi melepas keberangkatan mahasiswa PPLT Tahun 2015 pada hari Rabu, 19 Agustus 2015 di Gedung Serbaguna Unimed. Acara keberangkatan PPLT ini dihadiri oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. Kepala Dinas Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Kabid. Dikmen Agus Sinaga, M. AP, Wakil Rektor, Dekan, Dosen KDPL dan DPL, serta seluruh mahasiswa yang akan melaksanakan PPLT yakni 3624 orang, mereka akan ditempatkan di sebelas kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara, yakni : Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Asahan, Batubara, Toba Samosir, Karo, Tebing Tinggi, Dairi, Sibolga, dan Humbang Hasundutan.







            Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam sambutan pemberangkatan mahasiswa PPLT mengatakan agar seluruh mahasiswa didaerah penempatan nantinya bisa fokus dan menunjukkan pengetahuan, skill dan sikap yang telah anda miliki dari hasil proses perkuliahan bersama dosen di Unimed. Saya yakin anda telah memiliki ketiga kompetensi tersebut dengan baik, karena anda telah melalui proses akademik yang ketat. Tunjukkanlah ditempat PPL sekolah anda nantinya bahwa anda mahasiswa Unimed yang memiliki pengetahuan, skill dan sikap yang baik. Saya berharap kehadiran anda disekolah tempat anda PPL nanti menjadi penyegar dan membantu proses pembelajaran menjadi bersemangat dan hidup, sehingga mudah mencapai apa yang menjadi tujuan pembelajaran dalam setiap materi yang disampaikan dikelas. Pertama anda sampai disekolah penempatan, bangunlah kedekatan emosional anda dengan para guru, pegawai dan seluruh siswa. Agar proses berikutnya akan mendapatkan kebaikan. Jagalah nama baik Unimed, tunjukkan prilaku yang santun, ramah dan bersahabat. Bangunlah diskusi baik dengan para guru semua, jangan hanya guru sesuai bidang ilmu anda, karena dengan aktif dan santun dalam diskusi kepada semua guru, anda akan mendapatkan pengalaman dalam pengajaran yang belum anda dapatkan sebelumnya.

Lanjut rektor,  selain anda berusaha sukses di sekolah tempat anda akan PPL, saran saya anda semua juga harus berupaya untuk bisa berbaur dan bersosial dengan masyarakat tempat anda tinggal. Esensi dari PPLT ini sesungguhnya tidak hanya ada wujudkan dalam proses pendidikan disekolah, akan tetapi anda juga harus mampu bersosial dengan masyarakat. Satu indikator anda dikatakan guru yang profesional adalah anda sukses juga bermasyarakat, dalam mewujudkan pengetahuan, skill dan sikap sebagai orang berpendidikan. Ikutilah kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat, tentunya kegiatan yang tidak mengganggu proses PPLT di sekolah. Saya yakin anda bisa dan sukses dalam mencapai keberhasilan kegiatan PPLT ini. Tetaplah bangun komunikasi yang efektif dengan dosen KDPL dan DPL, tidak ada masalah yang tidak dapat dituntaskan dengan baik.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Kabid. Dikmen Agus Sinaga, M. AP, mengatakan bahwa kami Dinas Pendidikan SUMUT siap membantu dan mendukung terlaksananya PPLT Unimed ini dengan sukses. Kami sudah kordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan dikabupaten/kota yang menjadi penempatan mahasiswa Unimed PPLT. PPL merupakan kegiatan kurikuler yang harus dilakukan oleh mahasiswa keguruan. PPL ini akan menjadi suatu pelatihan untuk menerapkan teori yang diperoleh dalam bangku perkuliahan. PPL ini pastinya akan membentuk mahasiswa menjadi calon guru yang profesional. Kami berharap PPLT Unimed ini akan bermanfaat bagi sekolah yakni : a) dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan disekolah, dan b) dapat memberikan masukan kepada sekolah atas hal-hal atau ide-ide baru dalam perencanaan program pendidikan yang membangun kemajuan dan prestasi siswa dengan baik.

Ketua UPPL Unimed Prof. Dr. Pargaulan Siagian, M.Pd, dalam laporannya mengatakan bahwa kita telah berkordinasi secara efektif dengan Dinas Pendidikan Prov. Sumatera Utara dan Dinas Pendidikan dikabupaten/kota yang menjadi tujuan mahasiswa PPLT. Secara internal kita juga telah menetapkan masing-masing dosen KDPL dan dosen DPL yang akan menjadi pembimbing para mahasiswa melaksanakan PPLT dengan baik. Saya berharap seluruh mahasiswa PPLT Unimed bisa terus berkordinasi dengan dosen DPL atas semua masalah yang anda hadapi dilapangan. Kita akan sahuti dengan cepat jika ada kendala yang menghambat proses PPLT ini dengan baik. (Dewa).




Leave a Reply

Your email address will not be published.