Mengenal ‘Rights Issue’ Saham

Penerbitan saham baru perusahaan, tidak hanya terjadi saat perusahaan go public atau  melaksanakan initial public offering (IPO) yang dalam Bahasa Indonesia disebut penawaran perdana saham. Ketika perusahaan publik (emiten) sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), emiten bisa menerbitkan saham baru dengan cara melaksanakan right issue atau diterjemahkan menjadi hak untuk memesan efek terlebih dahulu.

Mengapa disebut right issue, karena emiten wajib memberikan hak terlebih dahulu untuk membeli saham baru yang diterbitkannya kepada pemegang saham lamanya. Rights ini diberikan cuma-cuma dan diprioritaskan kepada pemegang saham biasa untuk memesan saham baru.

Rights issue dilakukan atas dasar persetujuan rapat umum pemegang saham. Setelah mendapatkan persetujuan, emiten harus menawarkan saham barunya tersebut kepada pemilik saham lama terlebih dahulu, sesuai dengan proporsi kepemilikannya (preemptive rights). Tujuan rights issue adalah untuk menghimpun dana yang akan digunakan emiten untuk sejumlah rencana kerja seperti melakukan ekspansi usaha, membayar pinjaman, atau untuk modal kerja.




Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.