BKP Medan Perluas Jangkauan Sosialisasi Hidroponik

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Kepala Bidang Distribusi dan Akses Pangan Ali Usman  (ke-4 dari kiri) memberikan tanda mata kepada Camat Percut Sei Tuan H Hadisyam Hamzah beserta istrinya yang adalah Ketua Penggerak PKK Percut Sei Tuan (kiri) dan Plt Kades Ahmad Dani Artin usai sosialisasi hidroponik, Minggu (9/8). Sosialisasi yang dilakukan BKP Medan telah menjangkau Kecamatan Percut Sei Tuan.




Kepala Bidang Distribusi dan Akses Pangan Ali Usman (ke-4 dari kiri) memberikan tanda mata kepada Camat Percut Sei Tuan H Hadisyam Hamzah beserta istrinya yang adalah Ketua Penggerak PKK Percut Sei Tuan (kiri) dan Plt Kades Ahmad Dani Artin usai sosialisasi hidroponik, Minggu (9/8). Sosialisasi yang dilakukan BKP Medan telah menjangkau Kecamatan Percut Sei Tuan.

Medan, Jelasberita.com

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kota Medan terus memperluas jangkauan sosialisasi hidroponik ke berbagai daerah hingga ke Kabupaten Deli Serdang dan Binjai. Pihaknya, Minggu (9/8), mengadakan sosialisasi hidroponik di Kecamatan Percut Sei Turan Desa Bandar Setia Pasar 15 untuk mengajak masyarakat yang terdiri dari 10 dusun memanfaatkan pekarangan mereka sebagai sumber pangan dan penghasilan tambahan.

Kepala Bidang Distribusi dan Akses Pangan Ali Usman bersama Tim Komunitas Hidroponik Medan dan Penggiat Hidroponik Gusmaini, membagikan ilmu, trik dan tips untuk menjalankan budidaya tanaman tersebut di hadapan sekitar 80 orang. Kegiatan itu juga diikuti langsung oleh Camat Percut Sei Tuan H Hadisyam Hamzah beserta istrinya yang adalah Ketua Penggerak PKK Percut Sei Tuan.

Sosialisasi terdiri dari tiga sesi antara lain cara hidup sehat dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang dibawakan oleh Ali Usman. Kedua, materi cara pembuatan pupuk kompos dan pestisida alami oleh Gusmaini atau yang dikenal dengan sebutan Bu May. Ketiga, materi tentang pengenalan dasar cara tanam tanaman hidroponik oleh Tim Koperasi Hidroponik Medan.




Camat Percut Sei Tuan mengapresiasi kegiatan sosialisasi itu dan berencana untuk menggalakkanya di masing-masing kelurahan. Ia melalui sekretarisnya juga meminta masyarakat ikut menindaklanjuti apa yang telah diajarkan. Menurut Bu May, rencananya, pelatihan akan berlanjut sehingga masyarakat dapat memahami lebih dalam mengenai teori dan praktiknya.

Dalam pertemuan itu, Kepala Bidang Distribusi dan Akses Pangan Ali Usman sebagai pelopor sosialiasi mengemukakan, perluasan sosialisasi hingga ke Kabupaten Deli Serdang dan Binjai ini merupakan bentuk dukungan BKP Medan untuk mendorong masyarakat memanfaatkan pekarangan. Dengan begitu, tingkat konsumsi masyarakat terhadap sayur dan buah meningkat, yang berdampak terhadap kesehatan. (rls/ti)

Leave a Reply

Your email address will not be published.