15 Daerah Programkan Pengembangan Guru

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Wagubsu Tengku Erry Nuradi bertemu dengan Tim USAID PRIORITAS untuk membicarakan PKBMedan, Jelasberita.com | USAID PRIORITAS memfasilitasi rapat reviu dan perencanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan ini bertujuan membantu kabupaten/kota merancang program pengembangan kapasitas guru. “Sebanyak 15 kabupaten/kota mitra kami akan terlibat dalam perencanaan ini,” terang koordinator provinsi USAID PRIORITAS Sumatera Utara Agus Marwan di Medan, Sabtu (8/8).

Agus Marwan mengatakan PKB merupakan bagian dari rencana pengembangan sumber daya manusia (SDM) pendidik dan tenaga kependidikan. Rencana ini mejadi prioritas di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang tertuang dalam rencana strategis Kemendikbud 2010-2014 . Juga diperkuat dengan Peraturan Pemerintah seperti PP No. 74/2007 tentang Guru, serta beberapa Permendikbud lain. “PKB didesain untuk menjamin mutu guru. Guru akan mendapatkan pelatihan dan pengembangan kapasitas terus menerus. Setiap guru akan mendapatkan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhannya,” tambahnya.




Lebih lanjut Agus Marwan mengatakan, pemerintah daerah berkewajiban membantu guru melakukan PKB. USAID PRIORITAS akan membantu pemda melakukan analisi-analisis yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan PKB. “Kami sudah meracang pendekatan teknis yang mampu membantu pemda melakukan pemetaan mutu guru, menganalisis jenis pelatihan yang dibutuhkan guru, menilai jumlah biaya yang dibutuhkan dan mengidentifikasi sumber keuangan daerah yang bisa digunakan,” tambahnya.

Dijadwalkan Wakil Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si dan Wakil Konsul Amerika Serikat (AS) Tamra Greig membuka kegiatan ini. Selain itu Rektor Univeritas Negeri Medan (Unimed) Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd turut berbicara tetang PKB. Kegiatan ini akan berlansung selama dua hari pada 12 -13 Agustus 2015 di Grand Swissbell Hotel dan diikuti lebih dari 100 peserta.

Program USAID Prioritizing Reform, Innovation, Opportunities for Reaching Indonesia’s Teacher, Administrators, and Students (USAID PRIORITAS) adalah program lima tahun yang didanai oleh United States Agency for International Development (USAID). Program ini didesain untuk membawa pendidikan berkelas dunia kepada banyak siswa di Indonesia. Program ini telah bekerja di 15 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara, yaitu: Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Tanjungbalai,  Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Sibolga dan Nias Selatan. Juga bekerjasama dengan dua Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) utama yaitu Universitas Negeri Medan dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara. Lebih 290 ribu siswa telah merasakan manfaat program ini (Dewa)




Leave a Reply

Your email address will not be published.