Tambang Emas Martabe-Dinkes Tapsel Gelar Pelatihan Imunisasi Dasar Lengkap

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Tambang Emas Martabe-Dinkes Tapsel Gelar Pelatihan Imunisasi Dasar Lengkap 1
Salah satu pembicara Yaysan HeartIndo Sumatera Utara memberikan penjelasan pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap kepada peserta Pelatihan Imunisasi Dasar Lengkap yang diselenggarakan oleh Tambang Emas Martabe dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Selatan. Pelatihan yang berlangsung 29-31 Juli di Batangtoru, Tapanuli Selatan ini, diharapkan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bidan desa dan tenaga medis lainnya serta berperan akitf untuk memberikan edukasi pentingnya imunisasi dasar lengkap untuk balita kepada para orangtua.

Batangtoru, Jelasberita.com | Tambang Emas Martabe bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Selatan (Dinkes Tapsel) menggelar Pelatihan Dasar Imunisasi Lengkap, 29-31 Juli 2015, di Puskesmas Rawat Inap Batangtoru, Tapsel.

Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang peserta ini, 23 diantaranya adalah bidan desa sedangkan lainnya adalah petugas vaksin dan tenaga medis. Pelatihan yang diinisiasi oleh Tambang Emas Martabe ini melibatkan Yayasan HeartIndo Sumatera Utara. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan staf media puskesmas untuk melakukan imunisasi secara benar.




“Kami yakin dengan pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan bayi dan balita di Kecamatan Batangtoru sekaligus mencegah PD3I (Penyakit-penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi). Bidan dan tenaga medis yang berpartisipasi dapat berperan aktif memberikan edukasi pentingnya imunisasi lengkap kepada masyarakat Batangtoru,” ujar Superintenden Pengembangan Masyarakat Tambang Emas Martabe, Rina Simanjuntak.

Sementara itu, Kepala Dinkes Tapsel, dr. Ismail Fahmi Ritonga juga berharap pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para petugas vaksin dalam memberikan layanan Imunisasi yang tepat.
“Melalui pelatihan terhadap bidan dan tenaga medis ini, diharapakan mereka mampu mengimplementasikan di Batangtoru. Pelatihan ini juga nantinya akan mengedukasi orangtua untuk tidak sepele dan sadar betapa pentingnya imunisasi dasar lengkap serta akan selalu ingat jadwal imunisasi lengkap untuk anak mereka,” ujarnya.

Sebelumnya, Tambang Emas Martabe menggelar Pelatihan Imunisasi Dasar Lengkap di Kecamatan Muara Batangtoru. Hingga saat ini banyak orangtua di Muara Batangtoru mendatangi Posyandu untuk imunisasi lengkap anak-anak mereka.

Tambang Emas Martabe-Dinkes Tapsel Gelar Pelatihan Imunisasi Dasar Lengkap
Superintenden Pengembangan Usaha Masyarakat Tambang Emas Martabe, Eksa Santika, disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Selatan, dr. Ismail Fahmi Ritonga, memberikan penghargaan kepada salah seorang peserta Pelatihan Imunisasi Dasar Lengkap, Jumat (31/7), di Ruang Pertemuan Puskesmas Rawat Inap Batangtoru, Tapanuli Selatan. Pelatihan Imunisasi Dasar Lengkap yang digelar Tambang Emas Martabe dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Selatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bidan desa dan tenaga medis lainnya serta berperan akitf untuk memberikan edukasi pentingnya imunisasi dasar lengkap untuk balita kepada para orangtua.

Menurut Kemenkes, lima imunisasi dasar lengkap adalah imunisasi BCG (Bacillus Calmette-Guerin), Hepatitis B, DPT-HB 3 (tiga), polio, dan campak.




Data riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2013 menyebutkan beberapa alasan anak tidak diimunisasi antara lain karena takut anaknya panas, keluarga tidak mengizinkan, tempat imunisasi jauh, kesibukan orang tua, seringnya anak sakit, dan tidak tahu tempat imunisasi.

Kegiatan ini dilakukan untuk menopang penguatan revitalisasi posyandu yang sudah dilakukan selama ini dengan tujuan untuk memastikan hidup yang sehat dan memajukan kesejahteraan semua orang di semua usia melalui Program Pelayanan Kesehatan Anak Balita dalam Revitalitasi Posyandu. Program pengembangan masyarakat ini berhasil meraih emas pada Anugerah Apresiasi Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) pada acara CSR Best Practice For Millenium Development Goals Toward Sustainable Development Goals, baru-baru ini.

Revitalisasi Posyandu adalah sebuah program yang komprehensif dalam menggiatkan kembali kegiatan Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) di tingkat desa/kelurahan.  Program ini terlaksana dengan adanya kerjasama yang baik antara Perusahaan dengan Puskesmas Kecamatan Batangtoru dan Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan.

Kegiatan Posyandu merupakan upaya menggerakkan masyarakat dalam pembangunan kesehatan masyarakat desa. Ini merupakan wadah titik temu antara pelayanan professional dari petugas kesehatan (bidan desa dan Puskesmas) dan peran serta masyarakat dalam menanggulangi masalah kesehatan masyarakat, terutama dalam upaya penurunan angka kematian bayi dan angka kelahiran.(rls/ti)

Leave a Reply

Your email address will not be published.