SYAWAL GULTOM : Siapkan Unimed Berbasis Data

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Medan, Jelasberita.com | Membangun bangsa di zaman kini harus berbasis data. Demikian dikatakan Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., dihadapan 870 mahasiswa baru Program Magister dan 60 mahasiswa Program Doktor dalam Kuliah Perdana bertajuk “Membangun Bangsa Berbasis Data” yang digelar di Auditorium Unimed, Sabtu, (1/8).

Bangsa akan maju dan terarah bila dibangun berdasarkan data. Karena itu, terangnya, refleksi harus berbasis data, pendidikan berbasis data,  pengembangan ekonomi dan industri serta tenaga kerja juga berbasis data. “Membangun pendidikan, ekonomi, pertanian, perindustrian dan sektorlainnya perlu menggunakan data valid. Datalah yang harus dikonkritkan dahulu baru dilakukan tindakan,” ucapnya.







Ia mencontohkan, untuk sektor Pendidikan di Indonesia, rasio guru dan siswa di tingkat SD adalah 1 banding 20 dan tingkat SMP, 1 banding 14. Data guru diketahui lebih dari cukup, namun sebagian daerah masih kekurangan guru. Problem ini disebabkan distribusi guru tidak berjalan secara efektif dan belum berdasarkan data, tetapi dilandasi kepentingan pribadi, golongan dan lainnya. Dari hasil pendataan yang dilakukan pemerintah pada 2013 bahwa 75 persen sekolah di Indonesia tidak memenuhi standar, dan 45 persen nilai rata-rata uji kompetensi guru dengan standar yang diharapkan.

Selanjutnya, katanya menyambung,  hanya 0,001 persen guru yang minat bacanya bagus, publikasi nasional dan internasional rendah, dan peringkat mutu pendidikan juga buruk. “Data ini semua bermakna, perlu dilakukan tindakan seriusdan terprogram untuk menjawabnya.

Syawal juga mengatakan, berkomitmen untuk membangun Unimed berdasarkan data. “Akan kita perbaiki secara valid dan konkret data para dosen, pegawai dan mahasiswa terkait akademik dan non-akademik. Dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat harus kita basiskan pada  data. Sehingga peningkatan dan pengembangan Unimed nantinya maju. Datalah yang akan menjadi acuan dalam perbaikan untuk kamajuan Unimed menjadi universitas terbaik sesuai harapan masyarakat.

Direktur Pascasarjana mengatakan, kegiatan ini satu wahana bagi seluruh mahasiswa baru S2 dan S3 di Pascasarjana Unimed dalam menyatukan persepsi dan menerima pandangan mengenai sistem akademik dan bentuk perkuliahan yang akan dilalui selama kuliah di Unimed. Karena itu, tambahnya, civitas Pascasarjana Unimed akan terus meningkatkan pelayanan akademik dan non-akademik selama masa studi di Unimed.




Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K. M.Pd, Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S. Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, Wakil Rektor IV Prof. Drs. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D. Wakil Direktur I Dr. Arif Rahman, M.Pd. Para Ketua dan Sekretaris Program Studi Program Doktor dan Program Magister. Para dosen dan pegawai di Pascasarjana Unimed. (Dewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.