1.735 Orang Lulus SBMPTN di Unimed

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Medan, Jelasberita.com | Dari 17.800 pendaftar, sebanyak 1.735 orang dinyatakan lulus dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) Unimed 2015. Dari jumlah itu, 1.175 orang dari kelompok pilihan Sosial-Humaniora dan 560 orang dari kelompok Saintek. Sisanya, 203 orang dari jalur bidik misi. Demikian disampaikan Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd dalam konferensi pers di Biro Rektor Unimed, Kamis (9/7).

Syawal mengatakan, agar nama-nama yang lulus ini segera mendaftar ulang sesuai tata cara dan jadwal yang telah ditentukan Unimed. Untuk jalur non dan bidikmisi, calon mahasiswa baru diminta mempersiapkan sejumlah berkas yakni, fotokopi karti tanda peserta SBMPTN 2015, fotokopi Surat keterangan tanda Lulus (SKTL/SKHU atau ijazah) yang sudah dilegalisir kepala sekolah, fotokopirapor lengkap (dilegalisir), fotokopi Kartu Keluarga,  fotokopi daftar penghasilan orangtua dua yang disahkan kepala desa/lurah sebanyak dua set, fotokopi bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan 2014, fotokopi bukti pembayakan pajak seluruh kendaraan bermotor, fotokopi bukti pembayaran rekening listrik tiga bulan terakhir, fotokopi bukti pembayaran rekening air tiga bulan terakhir dan surat keterangan penghasilan orangtua (formatnya bisa diunduh di laman http://baak.unimed.ac.id).




Seluruh dokumen tersebut kemudian dimasukkan ke dalam satu map/amplop lalu dikirimkan melalui pos atau diantarkan langsung ke Gedung Serbaguna Unimed Jalan Willem Iskander Pasar V Medan Estate mulai tanggal 10 sampai 24 Juli 2015. Khairil Ansari menegaskan, yang tidak mengirimkan berkas sesuai dengan persyaratan dan jadwal di atas akan dibebankan biaya pendidikan atau uang kuliah tertinggi.

Syawal juga menjelaskan secara ringkas tentang tatacara pra pendaftaran dan pembayaran uang kuliah. Jadwal prapendaftaran dan pemnbayaran uang kuliah berlangsung sejak 3-21 Agustus. Prapendaftaran dilakukan dengan mengisi borang biodata dan surat pernyataan memenuhi peraturan akademik dan tata tertib kampus. Pengisian dilakukan secara online di laman http://akad.inumed.ac.id. Sedangkan besaran uang kuliah bisa dilihat dari hasil cetak pendaftaran online. Pembayaran uang kuliah hanya melalui BNI 46 di seluruh Indonesia dengan menunjukkan nomor Induk Mahasiswa yang ada di print out registrasi online.

Setelah itu, panitia dari pihak Unimed akan memverifikasi semua berkas yang dikirim para calon mahasiswa baru. Wakil Rektor I Unimed Prof. Dr. Khairil Ansari yang duduk mendampingi Syawal Gultom menjelaskan bahwa para peserta yang dinyatakan lulus wajib hadir pada 12 Agustus 2015 pukul 15.00 WIB di Lapangan Serbaguna Unimed untuk mengikuti pengarahan pelaksanaan Persiapan Awal Mahasiswa Baru (PAMB) yang akan diselenggarakan pada 14, 15 Agustus 2015. Selain itu, mereka juga wajib ikut upacara perayaan Dirgahayu RI pada 17 Agustus 2015 pukul 07.30 WIB di Unimed.

“Bagi peserta yang belum lulus SBMPTN 2015,” kata Ansari, “Kami informasikan bahwa Universitas Negeri Medan membuka kesempatan terakhir melalui jalur UMB atau Ujian Masuk Bersama –Perguruan Tinggi Negeri 2015,” (Dewa)




Leave a Reply

Your email address will not be published.