Darmin, SE. MBA ceramah di S2 USU

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




 

Darmin,SE.MBA ceramah di S2 USUMedan, Jelasberita.com | Darmin,SE.MBA  ceramah di Program Magister Managemen (S2) Fak. Ekonomi & Bisnis USU,  topik : “Strategi Pemasaran & Pembentukan Portfolio Optimal” diikuti oleh dosen diantaranya : DR. Arlina Nurbaity Lubis, SE.MBA ; DR. Isfenti Sadalia,SE.ME & DR. Khaira Amalia Fachrudin,SE,Ak,MBA. serta mahasiswa/i S2, hari Sabtu 27 Juni 2015




Darmin,SE.MBA memaparkan seni dan ilmu pembentukan portfolio investasi yang optimal merupakan seni dan ilmu dalam mengambil keputusan tentang kombinasi investasi dan bijak dalam mencapai tujuan investasi, alokasi kekayaan untuk investor individu maupun institusi, dengan mempertimbangkan risiko dan keuntungan investasi.

peserta banyak diberikan fakta hasil riset selama 20 thn bahwa tidak ada satu jenis investasi yang konsisten unggul memberikan keuntungan terbesar, baik dari segi negara maupun jenis investasinya. Hasil riset juga membuktikan investor perorangan maupun manajer investasi profesional tidak akan mampu mengetahui waktu yang paling tepat dalam memilih jenis investasi, dan kapan waktu tertinggi dan terendah dari suatu Indeks maupun harga surat berharga (saham, obligasi maupun komoditi), oleh sebab itu setiap saat berada di pasar atau tetap invetasi lebih penting dibandingkan dengan timing the market (mengukur waktu terbai untuk keluar dan masuk di pasar), sebab berbagai riset membuktikan bahwa : diperlukan dua kombinasi  antara waktu investasi yang tepat, saat beli atau investasi di saat murah atau saat jual di saat tinggi, dan sifat manusia secara umum lebih banyak yang salah dalam kombinasi kedua waktu tersebut, sehingga dengan kehilangan beberapa kali saja peluang investasi saat pasar naik besar, akan menyebabkan kehilangan peluang keuntungan dan menyebabkan portfolio investasi turun tingkat keuntungannya.

Solusi atas kondisi demikian diberikan beberapa alternatif yakni : Strategic Asset Allocation (Alokasi kekayaan secara Strategis atau jangka panjang) guna menikmati manfaat keuntungan proses priode pasar naik (bull) dan bear (pasar saat turun),alokasi invetasi disesuaikan dengan profil risiko dan tujuan investasi. secara rutin setiap tahun dilakukan review. Cara lain dengan tactical asset allocation yang berorientasi jangka pendek, dengan review bulanan, dengan analisa risiko pasar dan risiko perusahaan atau saham yang diinvestasikan.

Strategi Investasi yang dianalisa kondisi industri dan trend nya diberikan 3 saran :




  1. Industri yang menurun atau sunset industry dan trend sektor tersebut juga menurun serta penurunan laba pada sektor tersebut yang menjurus pada ruginya sektor industri dan belum ada tanda perbaikan sebaiknya dihindari atau tidak investasi
  2. Industri yang menurun tapi beberapa perusahaan di sektor ini masih untung dan harga sahamnya masih bergerak fluktuatif dan mampu naik saat pasar bagus, bisa dilakukan trading dengan teknik beli saat harga sudah undervalue dan jual saat harga sudah wajar dan overvalue, sifatnya hanya manfaatkan momentum pergerakan harga untuk keuntungan.
  3. Industri yang bertumbuh dan saham market leader sektor tersebut, trend harga bergerak naik, strateginya beli untuk investasi jangka panjang.

Peserta juga mendapatkan tips fakta keberhasilan Reksadana Panin Dana Maksima mengembangkan kekayaan investor dari Rp 10 juta menjadi Rp 700 juta, faktor behavior finance dalam pengambilan keputusan investasi, manajemen risiko dan 3 kunci penting dalam menentukan alokasi kekayaan dan investasi yaitu : Kesediaan mengambil risiko , kemampuan mengambil risiko, dan kebutuhan mengambil risiko.

Ceramah diakhiri dengan tanya jawab yang antusias dari peserta dan program ini merupakan kegiatan rutin Darmin,SE.MBA berkontribusi berbagi pengalaman dan hasil riset kepada perguruan tinggi dan asosiasi bisnis, bagi yang berminat mendapatkan ceramah gratis  bisa menghubungi kantor Panin Sekuritas di Medan. Peserta dan Panitia dari USU foto bersama dengan Darmin,SE.MBA, guna membina hubungan baik. (rls/ti)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.