Prancis Tunjang Lonjakan Bisnis Zona Euro

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Athena Jelasberita.com | Peningkatan aktivitas di Prancis membantu bisnis zona euro berkembang pada tingkat tercepat dalam empat tahun bulan ini, tanda paling jelas bahwa stimulus Bank Sentral Eropa mendorong pemulihan yang solid di wilayah tersebut.

Namun kebijakan moneter longgar di Tiongkok dan Jepang gagal mencegah aktivitas pabrik di sana dari kontraksi, ungkap survei indeks manajer pembelian (PMI). Muncul pada saat pasar keuangan terpaku oleh pembahasan antara Yunani dan kreditur, PMI memunculkan gambaran beragam bagi ekonomi global dan kemungkinan memperkuat seruan untuk kebijakan moneter yang akomodatif.




Di Amerika Serikat, di mana suku bunga akan meningkat pada akhir tahun untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade, survei pada Selasa memperkirakan akan menunuukkan aktivitas pabrik di ekonomi terbesar kedua di dunia itu berakselarasi pada Juni.

ECB membeli senilai 60 juta sebagian besar obligasi negara setiap bulan guna meningkatkan pertumbuhan dan inflasi zona euro. Data terakhir menunjukkan stimulus telah mulai berdampak terhadap sentimen bisnis, bahkan meskipun sedikit.

“Kami menyaksikan peningkatan yang layak di sektor jasa, yang merupakan indikasi bahwa aktivitas domestik mulai meningkat. Ini jelas tidak menunjukkan bahwa semua kerja keras selama beberapa tahun terakhir menghasilkan perubahan positif di zona euro. Ada masalah struktural tetapi mungkin saja kitas sudah berbelok ke sudut” kata Peter Dixon, Ekonom di Commerzbank.

Indeks manajer pembelian Markit, berdasarkan survei dari ribuan perusahaan dan dianggap sebagai indikator pertumbuhan yang baik, melonjak ke level tertinggi empat tahun menjadi 54,1 dari 53,5. Ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi zona euro pada kuartal kedua mencapai 0,4 persen, ungkap Markit, sesuai dengan prediksi dalam jajak pendapat Reuters.




Angka yang bagus bagi zona euro dilengkapi dengan data untuk Jerman dan Prancis, dua ekonomi terbesar di blok itu, di mana baik aktivitas sektor pabrik dan jasa tumbuh lebih baik dari perkiraan.
“Ada perubahan di ekonomi Prancis khususnya. Anda punya banyak stimulus ECB berfungsi saat ini dan kita menyaksikan tanda-tanda yang membantu peningkatan dalam bisnis dan kepercayaan konsumen, dan stimulus yang membayar dividen,” kata Chris Williamson, Kepala Ekonom di Markit.

Tetapi tidak adanya tekanan harga dalam survei-meskipun mata uang melemah dan harga minyak mentah dunia naik-mungkin mengecewakan pembuat kebijakan di Eropa dan Asia yang berjuang untuk meningkatkan inflasi.

Hampir semua survei keluar Selasa menunjukkan aktivitas sektor pabrik dan jasa terus memangkas harga pada Juni guna menarik bisnis baru. Setelah mencapai puncak 13-bulan pada Mei, permintaan dari luar negeri untuk barang zona euro melambat sedikit di tengah kekhawatiran kegagalan utang Yunani mampu memecah serikat negara mata uang tunggal Eropa tersebut. (Rtr/narlis)

Leave a Reply

Your email address will not be published.