Curi Sepedamotor, Jinggo Babak Belur Diamuk Massa

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




 

Binjai, Jelasberita | Arif alias Jinggo (28) menjadi sasaran aksi amuk massa di Jalan Jambi Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan, Senin (22/6) petang, setelah dituduh mencuri sepedamotor Yamaha Vega ZR BK 3444 RAA milik Deni (30), warga Jalan Diponegoro, Kelurahan Tunggurono, Kecamatan Binjai Timur.




Akibat kejadian tersebut,  pria warga Jalan Nenas, Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Binjai Barat itu dilaporkan menderita luka memar di wajah dan sekujur tubuhnya. Beruntung polisi cepat tiba ke lokasi kejadian, lalu mengamankannya menuju Mapolsek Binjai Selatan, untuk diperiksa.

Kapolsek Binjai Selatan AKP Saiful Bahri saat diawancara wartawan melalui Kanit Reskrim AKP Bambang Tarigan di mapolsek setempat, Senin (22/6) malam, mengatakan, aksi amuk massa dipicu keributan di depan Rusunawa Kelurahan Rambung Barat, yang lokasinya berjarak 100 meter dari Mapolsek Binjai Selatan.

“Ketika itu, korban melintas untuk membeli makanan berbuka puasa. Namun tanpa disengaja, dia justru memergoki tersangka Arif, pria yang diduga mencuri sepedamotornya, di Rusunawa Kelurahan Rambung Barat,” jelas Bambang.

Menyadari hal itu, korban lalu menghubungi kerabatnya, seorang anggota TNI, untuk membantu menangkap tersangka Arif. Namun ketika korban dan kerabatnya datang, tersangka AF justru panik dan coba melarikan diri. Dia bahkan sempat melawan hingga memicu keributan di tempat itu.




Sebaliknya ketika menyadari ada keributan di tempat tinggalnya, spontan puluhan warga setempat berdatangan. Bahkan setelah menyadari tersangka Arif adalah pelaku pencurian sepedamotor, mereka pun langsung menghakiminya hingga babak belur, sebelum akhirnya diselamatkan oleh polisi.

Lebih jauh diungkapkan Bambang, aksi pencurian sepedamotor korban oleh tersangka Arif sebenarnya terjadi pada Jumat (19/6) lalu. Lokasi pencurian itu sendiri terjadi di depan eks pabrik getah Jalan Letjend Djamin Ginting Kelurahan Rambung Barat Kecamatan Binjai Selatan.

Ketika itu, sambung Bambang, tersangka Arif berpura-pura mengajak korban berkeliling mengendarai sepedamotornya ke wilayah Kelurahan Rambung Dalam, Kecamatan Binjai Selatan, dengan alasan untuk mencari rumah kontrakan. Namun setibanya di sebuah warung kopi, tersangka berinisiatif meninggalkan korban, lalu membawa pergi sepedamotornya.

“Modus pencurian sepedamotor oleh tersangka dilakukannya dengan berpura-pura meminjam sepedamotor korban. Setelah korbannya terperdaya, tersangka lalu membawa lari sepedamotor tersebut,” ujar Mantan Kanit Tipikor Satreskrim Polres Binjai itu.

Meskipun demikian, diungkapkan Bambang, pihaknya hingga kini masih akan mendalami kasus tersebut. Selain untuk mencaritahu kemungkinan keterlibatan pihak lain, dia mengaku hal itu dilakukan guna menyelidiki dugaan adanya jaringan atau sindikat kejahatan dalam kasus tersebut. Sebab menurut Bambang berdasarkan penuturan tersangka Arif, aksi pencurian sepedamotor telah berulang kali dilakukannya di Kota Binjai.

“Untuk proses penyelidikannya sendiri, kita tidak berhenti sampai di sini saja. Karena ini masih akan kita kembangkan lagi. Apalagi masih ada kemungkinan, tersangka masuk dalam sindikat curanmor antar kabupaten, yang kerap beraksi di Kota Binjai,” pungkasnya. (Ardi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.