Mengenal Instrumen Obligasi

Meski sama-sama instrumen investasi yang dicatat dan diperjualbelikan di bursa efek, ada perbedaan mendasar antara instrumen saham dan obligasi. Bila kepemilikan saham merepresentasikan kepemilikan perusahaan di mana investor saham memiliki hak suara, obligasi merupakan pinjaman dari investor kepada perusahaan. Kali ini akan diulas lebih jauh mengenai obligasi.

Obligasi merupakan surat utang jangka panjang yang menjadi bukti investor telah meminjamkan sejumlah dana yang harus dikembalikan nilai pokok utangnya pada tanggal jatuh tempo obligasi. Perusahaan penerbit obligasi selain wajib membayar pokok utang, juga wajib membayar kupon atau bunga atas utang tersebut secara berkala, biasanya per kuartal atau setiap semester.

Dalam penerbitan obligasi dikenal istilah nilai nominal (nilai pari/par value). Ini adalah nilai penerbitan surat utang. Misalnya, perusahaan A menerbitkan obligasi dengan nilai nominal Rp100 miliar. Setiap investor bisa membeli obligasi misalnya minimal Rp1 miliar. Pada saat awal diterbitkan, pembelian obligasi umumnya pada harga par atau seharga 100% dari nilai obligasi tersebut. Pembelian saat penerbitan disebut pembelian obligasi di pasar perdana.




Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3 4







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.