IDX Investor Club

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




BEI MEdan

Jakarta, Jelasberita.com | Sebagian anggota masyarakat yang punya keinginan menjadi investor kadang merasa bingung, bagaimana cara berkomunikasi dengan sesama investor. Komunikasi dengan sesama investor dibutuhkan untuk saling berbagi informasi. Edukasi juga lebih menarik diadakan bila sesama investor berkumpul.




Di beberapa negara, para investor di pasar modal biasanya membentuk klub-klub investor. Untuk memfasilitasi berkumpulnya investor, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memfasilitasi terbentuknya klub investor yang dinamakan IDX Investor Club. Klub ini menjadi wadah bagi  para investor berinteraksi untuk saling berbagi pengalaman di pasar modal.  Tidak hanya sebagai ajang kumpul-kumpul, IDX Investor Club memberikan berbagai manfaat bagi anggotanya, seperti pelatihan, edukasi, dan informasi yang bersifat umum. Klub ini  diharapkan akan menjadi salah satu sarana untuk merangsang pertumbuhan investor-investor  handal di Indonesia.

Semua investor saham yang sudah memiliki kartu AKSes atau memiliki trading confirmation dari transaksi terakhir atau bukti pembukaan rekening efek dari perusahaan sekuritas bisa mendaftar menjadi anggota IDX Investor Club. Batasan yang ada adalah usia minimal 23 tahun, dan berasal dari kalangan umum, bukan dari perusahaan sekuritas. Registrasi keanggotaan dilakukan melalui Divisi Pemasaran IDX.

Tidak ada pungutan biaya apapun, semua sarana, prasarana dan kegiatan difasilitasi oleh BEI. Mereka yang menjadi anggota IDX Investor Club bisa mengikuti  IDX Investor Club Gathering yaitu pertemuan antar anggota IDX Investor Club dengan menghadirkan pembicara kompeten di pasar modal. Selain itu, anggota IDX Investor Club berkesempatan memperoleh informasi dan prioritas keikutsertaan dalam acara sosialisasi dan edukasi untuk umum yang diadakan oleh  BEI.

Anggota klub juga secara otomatis akan tergabung dalam mailing list IDX Investor Club dan  akan mendapatkan e-mail informasi terakhir mengenai pasar modal. Lebih menarik lagi, investor yang telah melakukan registrasi di IDX Investor Club akan mendapatkan membership card eksklusif yang menampilkan nomor membership dan foto anggota.




Meski terbuka untuk semua investor dengan berbagai latar belakang berbeda, para anggota harus mematuhi tata tertib yang telah ditentukan oleh BEI, seperti  bersikap sopan dan ramah terhadap sesama anggota dan pengurus. Tidak melakukan tindakan yang melanggar norma kepatutan dan kepantasan pada saat mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh BEI. Tidak mengirimkan tulisan-tulisan yang bersifat tidak sopan, tidak senonoh, meresahkan, menjerumuskan, dan lain-lain, dalam mailing list IDX Investor Club. Tidak melakukan hal-hal maupun tindakan yang dapat atau berpotensi merugikan IDX Investor Club maupun BEI.  Selain itu, BEI  tidak bertanggung-jawab dan tidak dapat dikaitkan dengan segala tindakan yang dilakukan oleh anggota maupun pengurus umum. Dalam tata tertib juga disebutkan, BEI mempunyai hak mutlak untuk menghentikan membership IDX Investor Club sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya apabila anggota tersebut melanggar tata tertib yang telah ditentukan.

IDX Investor Club ada di beberapa kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Surabaya, Aceh,  Medan, Riau, Padang, Batam, Lampung, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Denpasar,  Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Manado. Jadi, bagi investor yang belum bergabung bisa segera memanfaatkan fasilitas yang menarik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.